Selasa, 21/11/2017 17:45 WIB

Kekhawatiran Makeup Artist yang akan Rias Kahiyang Ayu untuk Resepsi di Medan

Arina Yulistara - wolipop
Kekhawatiran Makeup Artist yang akan Rias Kahiyang Ayu untuk Resepsi di Medan Foto: Media Center Kahiyang-Bobby
Jakarta - Setelah sah menjadi istri Bobby Nasution, minggu ini Kahiyang Ayu melakukan rangkaian prosesi adat Batak. Prosesi adat sudah dimulai sejak Minggu (19/11/2017) di kediaman orangtua Bobby, Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara.

Selama rangkaian acara adat digelar, makeup artist yang akan merias Kahiyang tak hanya satu. Seperti pada prosesi Haroan Boru dan upacara adat pemberian marga kepada Kahiyang Ayu, perias Nico Samosir yang dipercaya mendandani putri semata wayang Presiden RI Joko Widodo itu.

Sementara makeup artist yang akan merias Kahiyang Ayu menjadi pengantin Batak untuk pesta adat mulai Jumat (24/11/2017) sampai resepsi Minggu (26/11/2017) adalah perias berbasis di Jakarta, Barry Irawan. Saat dihubungi Wolipop, Barry Irawan sedikit bercerita awal dirinya diminta untuk merias Kahiyang Ayu.

Pria 29 tahun itu mengatakan kalau mulanya ia tidak tahu akan merias Kahiyang untuk pesta pernikahan di Medan, Sumatera Utara. Barry hanya dihubungi oleh ibu mertua Kahiyang yakni Ade Hanifah pada Agustus lalu. Ia kala itu tidak tahu kalau Ade akan menjadi ibu mertua Kahiyang Ayu.




(Contoh tes makeup Kahiyang)

Barry Irawan mengaku baru mengetahui merias Kahiyang ketika melakukan tes makeup. Ia sempat kaget dan takut karena akan merias putri orang nomor satu di Indonesia itu.

"Saya dihubungi sama Bu Ade itu Agustus. Saya nggak tahu awalnya Bu Ade mertuanya Kahiyang. Kita lalu meeting saya juga belum tahu calonnya siapa. Baru tahu pas tes makeup, saya kaget ternyata Kahiyang. Saya sempat takut soalnya dia kan polos ya wajahnya nggak pernah dipermak apa pun, bagian eyebrow juga natural banget nggak pernah dirapiin, wajahnya juga sangat sensitif, khawatir kalau salah kosmetik bisa langsung bereaksi," cerita Barry Irawan ketika dihubungi Wolipop beberapa hari lalu melalui telepon.

Barry Irawan menuturkan kalau kulit wajah Kahiyang super sensitif dan berminyak. Jika salah pakai kosmetik bisa langsung menimbulkan jerawat dan berisiko iritasi. Ia pun mencoba berdiskusi dengan Kahiyang Ayu agar tidak salah langkah.

Diakui Barry, saat tes makeup pertama ia merasa gugup dan hasilnya kurang maksimal. Dua minggu setelahnya, pria kelahiran 27 November 1987 itu bertemu lagi dengan Kahiyang untuk tes makeup kedua. Saat tes makeup kedua kalinya, ia lebih totalitas dan hasilnya pun memuaskan. Barry juga mengatakan pembawaan diri Kahiyang yang supel dan suka bercanda membuat ia lebih tenang ketika mengeksplor makeup.

"Di hari kedua itu lebih cocok dari segi kosmetik yang dipakai dan look-nya. Tes pertama karena saya masih merasa takut otak-atik, belum lagi ini anak presiden gimana ya. Tapi yang kedua ini alis boleh dirapiin semua diserahin ke saya, jadi saya benar-benar totalitas. Ternyata Mbak Kahiyang orangnya juga humoris, nggak kaku atau diva, jadi kita merasa nyaman," jelas pria yang sudah menjadi makeup artist sejak 2008 itu.




(Contoh tes makeup Kahiyang)

Sebelum Kahiyang, Barry Irawan menuturkan kalau ia sudah memiliki banyak pengalaman merias pengantin batak. Ia mulai dipercaya merias pengantin Batak sejak 2014 hingga saat ini. Menurutnya, merias pengantin Batak dan Jawa berbeda.

Untuk pengantin Batak tidak bisa menggunakan warna nude. Makeup yang diterapkan juga harus tahan lama karena acara akan berlangsung seharian. Durasi waktu untuk merias pengantin Batak biasanya sekitar tiga jam. Sedangkan untuk pesta adat hingga resepsi Kahiyang Ayu nanti, Barry Irawan mengaku hanya diberi waktu kurang lebih tiga jam, tak hanya buat merias Kahiyang Ayu tapi juga Ade Hanifah. Ia memang diminta 'memegang' riasan untuk Kahiyang dan Ade.

Karena ia sudah mempunyai banyak pengalaman merias pengantin Batak, Barry tidak terlalu khawatir akan durasi waktu yang diberikan. Ia menyiasatinya dengan membawa asisten yang sudah mengerti step by step merias pengantin Batak sehingga pengerjaannya lebih cepat.

Kekhawatiran lain yang justru dirasakan Barry Irawan adalah omongan netizen. Penampilan Kahiyang Ayu saat resepsi nanti tentu akan menjadi sorotan masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, ia akan melakukan yang terbaik agar hasil riasannya nanti bisa membuat Kahiyang tampil cantik dan flawless.

"Saya akan makeup tiga hari dengan nuansa adat Batak Mandailing, Tapanuli Selatan. Saya sempat khawatir, grogi, sudah kebayang sih pasti soal netizen. Kayak akad di Solo itu komentar netizen sudah ada yang bikin down padahal bukan saya yang makeup. Tapi pas tes makeup kemarin saya posting di Instagram untung nggak ada yang komentar negatif, seluruhnya positif, itu bikin saya senang," kata Barry Irawan lagi.

Di akhir kata, Barry Irawan menuturkan kalau ia baru terbang ke Medan pada Kamis (23/11/2017) tepat sehari sebelum pesta adat dimulai. Ia ingin memastikan dan mengecek sendiri ruangan tempat merias Kahiyang Ayu. Rencananya, makeup Kahiyang Ayu untuk pesta adat hingga resepsi pada akhir pekan ini dilakukan di rumah orangtua Bobby Nasution. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177