Jumat, 17/11/2017 19:00 WIB

Rakyat Hidup Miskin, Ibu Negara Zimbabwe Malah Hobi Belanja Barang Branded

Rahmi Anjani - wolipop
Rakyat Hidup Miskin, Ibu Negara Zimbabwe Malah Hobi Belanja Barang Branded Foto: Getty Images
Jakarta - Zimbabwe memang dikenal dengan keindahan alam, keberagaman margasatwa, hingga tambang berliannya. Namun negara tersebut juga merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Tak heran jika ibu negara Zimbabwe kerap disoroti karena hobinya memakai barang-barang mewah keluaran brand ternama.

Grace Mugabe pun dikabarkan membeli 12 cincin berlian, 62 pasangan sepatu brand Ferragamo, hingga jam Rolex Rp 1,4 miliaran dalam waktu setahun saja meski tujuh dari 10 penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Karena gaya hidup mewahnya ini, Grace Mugabe dijuluki 'Gucci' Grace. Istri dari presiden Robert Mugabe yang dikenal diktator dan telah berkuasa selama 31 tahun tersebut memang dikenal hobi berbelanja. Untuk mencari produk-produk terbaik, Grace pun tak sungkan membeli barang di luar negeri, mulai dari Inggris, China, Timur Tengah, hingga Indonesia.

Salah satu produk fashion mewah yang sering dibelinya adalah sepatu keluaran Ferragamo. Pada 2014, Grace pun dikabarkan pernah membeli 62 pasang sepatu Ferragamo dan 33 pasang sepatu Gucci dalam kurun waktu setahun. Di banyak kesempatan, Grace memang sering terlihat tampil dengan gaya busana 'branded' dan perhiasan 'bling-bling'.

"Aku punya kaki yang kecil, jadi aku hanya bisa pakai Ferragamo," ungkap Grace saat itu dilansir Dailymail.

Rakyat Hidup Miskin, Ibu Negara Zimbabwe Malah Hobi Belanja Barang BrandedFoto: REUTERS/Philimon Bulawayo/File Photo
Di tahun 2002, wanita 52 tahun itu pun pernah tertangkap berbelanja di Paris dan menghabiskan £120,000 (Rp 2,1 miliaran). Beberapa waktu lalu, Grace juga dikabarkan baru saja membayar £300,000 (Rp 5,3 miliaran) untuk sebuah mobil Rolls-Royce. Tak heran jika banyak warga Nigeria tidak suka dengan Grace dan suaminya.

Bukan hanya untuk mendadani diri sendiri, Grace dan Robert tampaknya juga suka memanjakan anak mereka. Beberapa waktu lalu, si bungsu bernama Chatunga mengunggah foto di Snapchat yang menunjukkan jam tangan Rp 806 miliaran. Ia pun membanggakan jam tersebut yang dikatakan didapat karena sang ayah mengurus negara. Sebelummya, anak wanita mereka yang bernama Bona juga dinikahkan secara mewah. Diperkirakan acara tersebut berbiaya Rp 53 miliaran.

Sejumlah orang mengatakan jika uang yang digunakan keluarga mereka untuk mendanai kehidupan tersebut adalah dari bisnis berlian. Meski telah hidup mewah selama 21 tahun belakangan, Grace dan Robert kini tak bisa banyak berkutik. Keduanya diketahui tengah menjadi tahanan rumah pasca militer Zimbabwe mengambil alih kekuasaan.

Grace dan Robert menikah di tahun 1996 dengan perayaan yang dijuluki 'pernikahan terakbar' di Zimbabwe. Ketika itu, dikatakan jika Robert selingkuh dengan Grace yang merupakan mantan penjual ayam ketika bekerja untuk sang presiden sebagai tukang ketik. Padahal saat itu Robert telah memiliki istri yang sedang sakit parah. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com