Kamis, 16/11/2017 11:37 WIB

Berburu Batik Murah Sambil Ngopi Cantik? Jalan Kauman Solo Tempatnya

Daniel Ngantung - wolipop
Berburu Batik Murah Sambil Ngopi Cantik? Jalan Kauman Solo Tempatnya Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Solo - Kota Solo, Jawa Tengah, sedang jadi sorotan jelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan kekasihnya, Bobby Nasution. Jika kebetulan lagi di Solo, jangan lupa berburu batik murah sambil ngopi cantik di Kampung Wisata Batik Kauman.

Pergi ke Solo kurang afdal rasanya tanpa belanja batik mengingat harganya yang relatif bersahabat dengan isi dompet. Salah satu sentra batik murah yang tak boleh dilewatkan adalah Kampung Wisata Batik Kauman di Jalan Kauman.

Batik Kaoeman di SoloBatik Kaoeman di Solo (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)


Di kawasan yang tak jauh dari Pasar Klewer ini, Anda akan merasakan pengalaman belanja batik yang berbeda. Tak hanya hasrat belanja yang terpuaskan, lidah dan mata pun dimanjakan oleh pilihan tempat ngopi cantik dengan dekorasinya yang unik.

Hampir semua rumah butik di sini memiliki semacam kafe kecil bagi para wisatawan yang ingin melepas lelah setelah berbelanja batik. Batik Kaoeman dengan warung kopinya yang bernama Kedai Kaomen adalah satu di antaranya.

Suasana di dalam Kedai Kaoeman.Suasana di dalam Kedai Kaoeman. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop


Hadir dengan interior yang mengawinkan unsur rustic, etnik, dan retro, Kedai Kaomen menawarkan daya tarik tersendiri. Banyak pojokan yang seru untuk berfoto atau 'kids zaman now' menyebutnya 'Instagramable'.

Salah satunya tembok kayu lusuh khas rumah tradisional Jawa yang dihiasi figura-figura bergaya jadul dengan sepeda ontel yang berdiri di sisinya.

Berburu Batik Murah Sambil Ngopi Cantik? Jalan Kauman Solo TempatnyaFoto: Daniel Ngantung/Wolipop


Di balik tembok itu, terdapat area duduk yang lebih luas lagi dengan dekorasi khas rumahan yang memberi sentuhan hangat.

Selain kedai di Batik Kaoeman, ada pula kedai di rumah batik Gunasti dengan interior yang memadukan unsur retro, jawa klasik, dan kolonial.

Berbeda dari Kedai Kaoeman, Kedai Gunasti mengusung konsep outdoor. Seluruh area makan berada di luar bangunan bercat hijau peninggalan Belanda tersebut.

Kedai Gunasti di Kampung Wisata Batik Kauman.Kedai Gunasti di Kampung Wisata Batik Kauman. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)


Eksterior bergaya kolonial tampak berpadu apik dengan interior rumahan jadul khas Jawa. Mulai dari kursi, meja, hingga bangku. Bangku ada yang berbahan kulit hingga beludru sehingga menciptakan kesan mewah khas keraton.

Berburu Batik Murah Sambil Ngopi Cantik? Jalan Kauman Solo TempatnyaFoto: Daniel Ngantung/Wolipop


Berbicara soal menu, pilihan minuman tradisional jadi andalan Kedai Gunasti. Ingin yang dingin segar untuk membasuh dahaga? Es dawet khas Solo patut dicoba.

Bagi Anda yang suka hangat, tak ada salahnya menyicip Wedang Uwuh yakni semacam minuman hangat berwarna merah dengan potongan rempah di dalamnya. Slurpp!

Es dawet di Kedai Gunasti.Es dawet di Kedai Gunasti. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com