Rabu, 15/11/2017 19:01 WIB

Istri Zaman Now, Perlukah Tahu Uang Suami Habis untuk Apa Saja?

Anggi Mayasari - wolipop
Istri Zaman Now, Perlukah Tahu Uang Suami Habis untuk Apa Saja? Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Postingan seorang wanita pengguna Facebook dengan nama akun Mariana Dewi 'Wei' Soehartono yang dijuluki 'bini jaman now' jadi viral. Ia pun dianggap menginspirasi karena meminta istri lainnya untuk memahami hobi suami yang mengeluarkan biaya. Menurutnya, pria yang punya hobi lebih aman ketimbang uangnya habis namun entah untuk apa.

"Daripada suami kok kaya ga punya hobby, tapi demennya bepergian, duitnya abisnya ga tau buat apaan, nah lho... Malah bahaya kann...," tulis Mariana dalam status Facebooknya.

Baca Juga : Ini 'Bini Jaman Now' yang Jadi Viral Hingga Dipuji Para Suami

Memang urusan uang dan pengeluaran yang tidak terbuka kerap kali menjadi masalah bagi pasangan suami istri. Menanggapi hal tersebut, psikolog Liza Marielly Djaprie M.Si,Psi,SC mengungkapkan bahwa meskipun para suami lainnya tak memiliki hobi seperti mengoleksi barang-barang otomotif maupun hobi lainnya yang mengeluarkan biaya, penting untuk berdiskusi perihal keuangan dan rincian pengeluaran bersama dengan pasangannya.

"Komunikasi itu juga menyangkut tentang pengelolaan finansial mereka kan, bulan ini dapat berapa, kemudian larinya kemana saja itu kan sesuatu yang harus menjadi komunikasi terbuka diantara mereka, karena itu hal yang positif loh dan itu sesuatu yang harus dibicarakan juga," kata Liza saat dihubungi Wolipop, Rabu (15/10/2017).

Banyak kasus dimana istri tidak mengetahui pengeluaran suami untuk apa. Namun, menurut Liza hal itu tak ada yang salah dan benar karena keputusan setiap pasangan berbeda-beda mengenai urusan pengaturan keuangan.

Baca Juga : Viral Postingan 'Bini Jaman Now' yang Dukung Hobi Suami, Ini Kata Psikolog

"Tiap pasangan punya kebijakan yang berbeda tentunya. Tapi, kemudian ketika kebijakan itu sudah disepakati bersama bahwa kebijakan dan kesepakatannya adalah 'uang lo uang lo dan uang gue uang gue', ya sudah jangan dipertanyakan lagi," jelas Liza.

"Kalau ternyata masih diributkan berarti harus ada kesepakatan baru. Intinya dari awal nikah kita setuju caranya begitu 'gaji lo gaji lo, gaji gue gaji gue'. Nanti misalnya kalau kita perlu belanja bareng seperti urusan listrik, bensin dan kawan-kawan istri yang nanggung. Kalau urusan belanja bulanan suami yang nanggung. Ya sudah sisa lain uang si suami jangan diributin lagi, kan kesepakatan waktu nikah gitu. Kalau kemudian jadi berantem atau segala macem ya berarti harus ada pola finansial yang berubah dan itu harus di bicarakan lagi," tambahnya. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com