Rabu, 15/11/2017 16:50 WIB

Viral Postingan 'Bini Jaman Now' yang Dukung Hobi Suami, Ini Kata Psikolog

Anggi Mayasari - wolipop
Viral Postingan Bini Jaman Now yang Dukung Hobi Suami, Ini Kata Psikolog Foto: dok. Facebook (Mariana Dewi)
Jakarta - Baru-baru ini postingan pengguna Facebook yang memiliki nama Mariana Dewi 'Wei' Soehartono jadi viral dan dijuluki sebagai 'bini jaman now'. Banyak pria terutama suami lainnya merasa kagum dan memuji Mariana karena mendukung hobi suami yang mengeluarkan biaya seperti mengoleksi barang antik hingga memelihara burung. Lantas, bagaimana tanggapan psikolog tentang pesan inspiratif pada postingan 'bini jaman now' itu?

Baca Juga : Ini 'Bini Jaman Now' yang Jadi Viral Hingga Dipuji Para Suami

Menurut psikolog klinis Liza Marielly Djaprie M.Si,Psi,SC, tak ada salahnya sebagai pasangan suami istri untuk saling mendukung. Salah satunya dengan mendukung kegemaran suami meskipun harus mengeluarkan biaya.

"Jadi memang seharusnya seperti itu. Kita harus memahami pada saat kita menikah dengan seseorang karakternya seperti apa, hobinya apa, pekerjaannya apa kan gitu. Seiring perjalanan pernikahan yang namanya individu kan selalu berubah mungkin dulu nggak suka hobi ini, tiba-tiba jadi suka hobi ini ya didukung saja," ungkap Liza saat dihubungi Wolipop, Rabu (15/10/2017)

Hanya saja, menurut psikolog kelahiran 1977 ini, sang suami juga harus bisa mengontrol dirinya. Liza juga mengungkapkan bahwa suami bisa membatasi diri untuk bijak dalam membagi waktu dan uangnya saat bercengkrama dengan hobinya itu.

"Suami harus tahu remnya. Kalau misalnya dia koleksi burung, tapi yang dipantengin burung terus dan nggak kerja itu kan masalah. Terus kalau misalnya ternyata mungkin keuangannya belum sebanyak itu tapi kemudian ingin beli-beli mobil antik mulu, ke bengkel mulu kan itu juga masalah," jelasnya.

Hal yang terpenting dalam kehidupan pasangan terkait hobi dan biaya pengeluarannya adalah bisa menemukan keseimbangan. Artinya, pasangan mendukung hobi sang suami, sementara itu suami juga tahu kapan harus bermain dan bekerja.

"Pertama apakah kewajiban primernya sudah terpenuhi atau nggak. Terus apakah barang-barangnya itu dijaga atau tidak. Karena kan kita suka kesel juga kalau melihat suami beli-beli barang banyak banget, tapi kemudian dibiarkan berdebu dan nggak dirawat," tutur Liza. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com