Rabu, 15/11/2017 13:35 WIB

Sebelum Liburan, Ketahui 7 Tips Belanja di Luar Negeri agar Aman dan Hemat

Rahmi Anjani - wolipop
Sebelum Liburan, Ketahui 7 Tips Belanja di Luar Negeri agar Aman dan Hemat Foto: (Visit Sweden)
Jakarta - Bepergian ke luar negeri rasanya kurang lengkap tanpa aktivitas berbelanja. Apalagi untuk orang Indonesia yang hobi beli oleh-oleh atau cari barang yang tidak ada di Tanah Air. Belanja di luar negeri pun bisa terasa lebih menyenangkan karena pengalaman yang baru dan tidak biasa. Tapi jangan sampai dompet Anda terkuras setelah sampai di Indonesia. Berikut tujuh tips belanja di luar negeri yang patut disimak:

Siapkan Uang Tunai
Tips belanja di luar negeri yang pertama harus diperhatikan adalah menyaipkan uang tunai. Tentu dengan mata uang sesuai negara tujuan. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi biaya atau keperluan tak terduga selama bepergian di negara yang tidak Anda familiar. Untuk itu, sebelum pergi liburan, tukarkan terlebih dulu secukupnya uang tunai.

Hindari Pakai Kartu Debit
Disarankan pula untuk menghindari pemakaian kartu debit ketika bepergian atau liburan keluar negeri. Bertransaksi dengan debit memang mudah namun hal tersebut tidak terlalu aman. Kartu debit diketahui kurang protektif dibanding kartu kredit jika terjadi kehilangan atau pencurian informasi.

Simpan Bon
Penting pula untuk selalu menyimpan bon belanja ketika bepergian ke luar negeri. Tips belanja ke luar negeri ini sering terlupakan ketika banyak aktivitas atau sedang teledor. Menyimpan bon dibutuhkan untuk pengembalian pajak di bandara atau ketika ingin menukar barang.

Bawa Tas Ekstra
Bagi Anda yang memang hobi belanja, tips belanja di luar negeri ini penting pula diutamakan. Jika merasa akan membawa banyak belanjaan atau titipan, bawalah satu tas esktra berukuran sedang hingga besar untuk menampungnya. Jika perlu Anda bawa satu koper kecil agar semua bawaaan aman, apalagi jika banyak yang berupa cairan.

Ketahui Harga Normal
Sebelum membeli barang, jika bisa coba ketahui dulu harga normalnya. Sejumlah toko di kawasan turis kadang menaikkan harga bahkan hingga berkali-kali lipat. Jika sudah tahu harga normalnya, Anda bisa lebih memilih-milih sebelum membeli. Jika Anda liburan bersama guide, coba minta dibawa ke tempat belanja atau oleh-oleh yang tidak menaikkan harga. Bila takut dibohongi pemandu, lebih baik browsing di internet terlebih dahulu.

Manfaatkan Kartu Kredit
Anda yang akan belanja barang-barang di toko besar, ada baiknya untuk memanfaatkan kartu kredit. Selain bisa lebih mudah dan aman bertransaksi, pemaikaian kartu kredit juga dapat menguntungkan. Mega Travel Card adalah salah satu kartu kredit yang punya keistimewaan khusus saat digunakan luburan. Kartu tersebut menawarkan garansi nilai tukar terbaik. Bahkan Mega Travel Card akan mengganti dua kali selisih kurs jika Anda menemukan kartu kredit sejenis yang menawarkan kurs lebih baik.

Anda pun akan menerima double point ketika kartu kredit dipakai di luar negeri. Poin itu bisa digunakan untuk tiket penerbangan, hotel, paket tur, umroh, hingga cruise di Antafaya. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com