Selasa, 14/11/2017 17:03 WIB

7 Cara Bikin Perjalanan Kerja dengan KRL Lebih Nyaman dan Menyenangkan

Rahmi Anjani - wolipop
7 Cara Bikin Perjalanan Kerja dengan KRL Lebih Nyaman dan Menyenangkan Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Bepergian dengan kereta commuter line (KRL) memang tidak mahal. Namun perjalanannya juga tak selalu nyaman dan menyenangkan. Apalagi saat sedang musim hujan seperti sekarang yang mana sering terjadi gangguan. Kereta pun sering penuh di jam berangkat dan pulang kerja. Agar perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan, Anda memang perlu menyiapkan sejumlah hal. Berikut tujuh di antaranya:

1. Pakai Sepatu Nyaman
Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum naik kereta adalah jenis sepatu. Usahakan untuk pakai sepatu yang nyaman. Jika tetap ingin terlihat stylish, pilih saja modelnya yang menarik tapi tanpa hak meruncing, seperti ankle boots atau sneakers. Namun hindari menggunakan sepatu yang terlalu mahal apalagi jika Anda pergi di jam-jam sibuk agar tidak cepat rusak.

2. Siapkan Musik/Podcast
Bepergian dengan kereta bisa jadi membosankan terlebih jika Anda menempuh perjalanan panjang. Untuk itu, siapkan headphone untuk memutar musik kesukaan. Atau putar radio atau podcast yang membahas topik-topik kesukaan. Dengan begitu, perjalanan jadi lebih menambah wawasan.

3. Manfaatkan Aplikasi
Perjalanan dengan kereta kadang tidak bisa dipastikan karena jadwal keberangkatan tak menentu atau adanya gangguan. Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi dan media sosial untuk memantau keadaannya. Commuter line sering mengabarkan keterlambatan atau gangguan melalui akun media sosial mereka. Sedangkan jadwal keberangkatan bisa dilihat di aplikasinya.

4. Gunakan Waktu
Jika bisa gunakan waktu Anda dalam perjalanan kereta untuk hal-hal berguna. Misalnya untuk mengatur jadwal pertemuan ke dokter atau membaca berita atau buku. Lakukan hal-hal yang biasanya Anda lupa dan tak sempat lakukan setibanya di kantor. Jika tidak mau terlalu berpikir, gunakan saja waktu tersebut untuk santai dan mendengarkan musik sebelum menguras otak ketika bekerja.

5. Belajar Sabar
Kereta memang sering buat kesal ketika sedang penuh-penuhnya. Di situlah waktu Anda untuk belajar tenang dan sabar. Jika bisa, ingatkan diri sendiri bahwa kondisi bersesak-sesakan tersebut hanya untuk sementara waktu. Meski merasa sebal, usahakan untuk tidak terlalu mengeluh yang menggangu kenyaman orang lain. Ingat jika orang lain juga tersiksa.

6. Sedia Payung
Anda mungkin merasa tak nyaman pergi dan pulang kantor dengan kereta di musim hujan karena takut kehujanan. Solusi satu-satunya adalah sediakan payung dan jaket hujan dalam tas. Jika perlu, sediakan pula beberapa potong atasan di laci kantor untuk cadangan busana.

7. Hindari Bawa Banyak Bawaan
Terutama untuk Anda yang pergi di jam-jam sibuk, sebaiknya hindari bawa banyak bawaan dalam kereta. Terlalu banyak barang bukan hanya merepotkan diri sendiri namun bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada penumpang lain atau meningkatkan kemungkinan tertinggal. Jika harus bawa sejumlah barang, kenakanlah backpack dan taruh di tempat penyimpanan atas. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com