Selasa, 14/11/2017 15:06 WIB

Posting Foto Gaya Hidup Mewah, Pria Tampan Ini Terciduk Pura-Pura Kaya

Anggi Mayasari - wolipop
Posting Foto Gaya Hidup Mewah, Pria Tampan Ini Terciduk Pura-Pura Kaya Foto: Instagram
Jakarta - Beberapa orang yang hidup bergelimang harta kerap kali membagi kehidupan mewah yang mereka miliki di media sosial. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh pria tampan asal Thailand ini yang kerap kali mengunggah barang-barang mahal. Namun, bukan karena kekayaan yang dimilikinya, ia jadi viral dan dapat kritik pedas saat ketahuan memiliki kartu kesejahteraan yang ditujukan untuk masyarakat tidak mampu.

Pria yang memiliki nama Wachrin Tankuranan ini jadi kontroversi di media sosial setelah dirinya memajang kartu tanda tak mampu sambil menunjukkan gaya hidupnya yang mewah. Kartu tidak mampu tersebut disejajarkan dengan barang mewah berupa jam tangan Garmin, ponsel pintar, dan kopi mahal.
Posting Foto Gaya Hidup Mewah, Pria Tampan Ini Terciduk Pura-Pura KayaFoto: Instagram

Di Thailand, seseorang yang berpenghasilan rendah yang gaji tahunannya kurang dari 100 ribu baht atau Rp 40 juta berhak mendapatkan kartu kesejahteraan oleh pemerintah Thailand. Artinya, mereka mendapatkan uang saku sebesar 1.700-1.800 baht (Rp 600-700 ribu) yang diperbarui setiap bulan untuk membantu membayar kebutuhan pokok.

Karena kartu itu seharusnya eksklusif hanya untuk orang miskin, foto mencurigakan pria berusia 26 tahun ini pun mendorong banyak orang untuk menyelidiki akun media sosialnya dan memeriksa apakah ia benar-benar layak untuk menerima kartu tersebut.
Posting Foto Gaya Hidup Mewah, Pria Tampan Ini Terciduk Pura-Pura KayaFoto: Instagram

Di akun Instagramnya, Wachrin kerap kali mengunggah makan mahal di restoran mewah. Ia juga dengan bangga menampilkan gadget Apple dan barang-barang mewah lainnya, termasuk rancangan dari desainer di foto-fotonya itu.
Posting Foto Gaya Hidup Mewah, Pria Tampan Ini Terciduk Pura-Pura KayaFoto: Instagram

Setelah jadi sorotan, banyak netizen merasa kesal dan marah karena pada dasarnya jelas terlihat bahwa Wachrin benar-benar hidup mewah dengan barang-barang mahal dan menyalahgunakan sistem yang ditujukan untuk penerima kartu kesejahteraan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Amarin TV, pria yang memiliki 97 ribu lebih pengikut di Instagramnya ini bersikeras mengaku bahwa ia memang hidup miskin. Ia pun menjelaskan bahwa sebagian besar barang mewah yang diposting di media sosial sebenarnya bukan miliknya.

"Kadang temanku mengundang aku untuk minum kopi. Terkadang aku tidak harus membayarnya karena aku pergi dengan teman-teman. Semuanya milik mereka," kata Wachrin seperti dilansir dari Next Shark.
Posting Foto Gaya Hidup Mewah, Pria Tampan Ini Terciduk Pura-Pura KayaFoto: Instagram

Menurut Wachrin, ia hanya memasang foto bagus di Twitter dan Instagram karena semua orang melakukan itu. Ia juga mengaku tak punya aset dan mengklaim bahwa ada bulan-bulan tertentu dimana ia bahkan tak menghasilkan uang sama sekali.

"Aku mereview produk untuk mencari nafkah. Penghasilanku tidak terjamin. Beberapa bulan, aku sama sekali tidak memiliki penghasilan, dan terkadang aku hanya bisa menggunakan produk secara gratis. Aku hanya orang miskin biasa. Aku tidak tampan atau kaya," tambahnya.

Terlepas dari penjelasannya itu, pemerintah Thailand mulai menyelidiki kasus Wachrin setelah menerima keluhan dari para netizen. Kartu kesejahteraannya itu pun berisiko dibatalkan jika dia terbukti tidak memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com