Senin, 13/11/2017 13:05 WIB

Viral, Istri di Arab Minta Cerai karena Suami Pakai Baju Murah

Arina Yulistara - wolipop
Viral, Istri di Arab Minta Cerai karena Suami Pakai Baju Murah Foto: Thinkstock
Arab Saudi - Berita perceraian teraneh terjadi lagi di Arab Saudi. Setelah wanita yang minta cerai karena suami suka beres-beres rumah, ada kasus perceraian aneh lain. Kali ini seorang istri minta cerai karena suami pakai baju murah.

Kasus perceraian tersebut menjadi viral lantaran seorang wanita di Mesir menggugat suaminya hanya karena pasangan mengenakan baju murah. Menurut media lokal Masrawy, wanita yang diidentifikasi bernama Karima itu berasal dari keluarga bangsawan. Awalnya Karima menolak lamaran sang suami, Raafat, karena berasal dari keluarga dengan tingkat sosial menengah ke bawah.

Karima ingin punya suami yang bisa diterima di keluarganya. Meski awalnya ditolak, Raafat tak putus asa dan berusaha untuk menjadi seperti yang Karima inginkan. Setelah berhasil menunjukkan kalau Raafat bisa menjadi seperti harapan dan diterima oleh keluarga Karima, lamaran akhirnya diterima.

"Aku memang menantang setiap pria ketika melamarku maka dia harus mengubah penampilannya. Cara dia berpakaian haruslah cocok dengan keluargaku. Raafat menunjukkan itu, ketika keluargaku melihat dia berubah lebih baik, mereka akhirnya memberikan restu," ujar Karima.

Karima dan Raafat akhirnya menikah. Keluarga Karima pun turut menghadiri dan merestui pernikahan mereka. Namun setelah menikah, Raafat kembali seperti dulu. Penampilan Raafat dan tingkah lakunya bertolak belakang dengan keluarganya.

"Setelah menikah, Raafat kembali seperti dulu. Dia terus-menerus mengatakan hal yang tidak pantas, suaranya begitu keras dan penampilannya tak bisa diterima. Semua orang mengolok-oloknya. Ayahku bahkan suka bercanda tentang pakaian anehnya dan bagaimana dia memakai gallabiya (gamis panjang untuk pria) yang harganya murah," kata Karima.

Malu suaminya menjadi omongan keluarga, Karima memutuskan untuk bercerai. Namun sebelum minta cerai, ia sempat meminta suami mengubah caranya berpakaian agar tidak menggunakan gallabiya lagi karena harganya murah. Ia juga meminta Raafat mengubah tingkah lakunya depan umum.

"Aku minta dia membeli pakaian bermerek tapi dia menolak dan mengatakan bahwa tak ada yang salah dengan penampilannya. Kami bertengkar dan aku pergi ke rumah orangtuaku. Ayahku lalu memintanya untuk menceraikan aku tapi Raafat menolak dan mengancam akan poligami jika aku tidak kembali ke rumah. Dia tidak memberikanku pilihan selain menggugat cerai," terang Karima.

Kasus perceraian ini kemudian menjadi viral di media sosial Arab Saudi. Banyak netizen yang tidak suka dengan alasan Karima mengajukan cerai. Menurut netizen, gallabiya adalah pakaian tradisional Arab Saudi yang bahkan dikenakan oleh anggota kerajaan.

"Gallabiya bukan sesuatu yang memalukan, saya pun memakainya," ujar salah satu netizen.

"Ada apa dengan orang-orang sekarang? Saya khawatir nanti ada wanita yang menceraikan suaminya karena dia mendengkur saat tidur," tambah lainnya.

Meski demikian, ada pula yang berusaha membela Karima. "Dia (Karima) memiliki kebebasan penuh untuk melakukan apa yang dia inginkan termasuk menikahi seseorang yang setara dengan dirinya," komentar pengguna Facebook lain.




(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177