Jumat, 10/11/2017 09:36 WIB

7 Mata Kuliah Paling Aneh di Korea, Belajar Kencan Sampai Bedakan Ikan Mentah

Rahmi Anjani - wolipop
7 Mata Kuliah Paling Aneh di Korea, Belajar Kencan Sampai Bedakan Ikan Mentah Foto: Kiki Oktaviani/Wolipop
Jakarta - Seiring dengan kepopuleran KPop dan KDrama, cukup banyak pelajar yang bermimpi berkuliah di Korea. Jika Anda salah satunya, jangan kaget jika menemukan universitas menghadirkan mata kuliah tak biasa. Ternyata cukup banyak pelajaran unik dan menyenangkan yang ditawarkan kampus-kampus di Negeri Gingseng. Berikut tujuh di antaranya seperti dikutip dari Koreaboo:

Belajar Berkencan
Mata kuliah ini mungkin sering ditunggu-tunggu para mahasiswa. Pasalnya pelajaran tersebut tampak menyenangkan dan tak terlalu berat. Pelajaran itu ditawarkan Dongguk University dalam mata kuliah Pernikahan dan Keluarga. Dalam kelas tersebut, para siswa diminta mengencani tiga teman sekelasnya sebagai tugas.

Cara Bedakan Ikan Mentah
Sebagian orang Korea memang gemar menyantap ikan mentah. Budaya itu pun menjadi salah satu pelajaran di Pukyong National University. Para siswa diminta mempelajari tipe-tipe ikan mentah dan cara mengenali mereka. Tak hanya itu, mahasiswa juga akan diberitahu cara mendapatkan harga ikan mentah terbaik.

Wine Tasting
Kelas yang bertujuan agar mahasiswa mengerti budaya wine ini hadir di Soongsil University. Mata kuliah tersebut membahas tipe-tipe wine dan budayanya, termasuk cara minum dan menyimpan dengan benar. Anda penyuka wine pasti tak akan terbebani jika diberi tugas di kelas ini.

Menyanyi Yodel
Yodeling adalah cara bernyanyi yang melibatkan nada tinggi dan kata yang diulang-ulang. Nyanyian yodel sendiri berasal dari negara-negara Eropa yang dekat dengan pegunungan Alpen. Uniknya, yodeling dipelajari di Hanyang University di mana mahasiswa belajar sejarah dan budaya Eropa.

Kelas Memanah
Olahraga memang penting untuk badan. Mungkin itu sebabnya Sookmyeong Women's University menawarkan kelas memanah meskipun bukan mengajar mahasiswa jurusan olahraga atau atlet. Di kelas itu, para siswa akan dibimbing pemanah profesional bahkan atlet timnas.

Seni Merias Wajah
Mata kuliah mengenai makeup bukan hanya bisa dipelajari mahasiwa jurusan kecantikan. Di Seongshin Women's University kelas tersebut dihadirkan kepada siapapun mahasiswi yang ingin mengikuti. Di sana, siswi akan belajar mengenai bahan kosmetik yang aman dan berbahaya hingga jenis dan warnanya yang sesuai dengan kulit mereka.

Sukses, Cinta, dan Pernikahan
Inha University juga menghadirkan mata kuliah mengenai cinta. Di kelas tersebut para mahasiswa diminta untuk berpikir dalam mengenai hal-hal yang membuat hidup berharga, seperti kesuksesan, cinta, dan pernikahan. Menariknya kadang selebriti diundang ke sana sebagai dosen tamu. (ami/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177