Jumat, 10/11/2017 07:33 WIB

Tuty Adib Ungkap Tantangan Membuat Kebaya Pernikahan Kahiyang Ayu

Daniel Ngantung - wolipop
Tuty Adib Ungkap Tantangan Membuat Kebaya Pernikahan Kahiyang Ayu Foto: Pernikahan Kahiyang-Bobby (dok. allseasonsphoto)
Jakarta - Keluarga Presiden Joko Widodo kembali memercayakan urusan busana hajatan besar mereka kepada desainer Tuty Adib, kali ini untuk pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Bagi Tuty, ada tantangan tersendiri saat membuat busana Kahiyang.

Desainer asal Solo, Jawa Tengah, ini mendapat mandat untuk membuat busana siraman, midodareni, dan resepsi Kahiyang. Tak hanya untuk Kahiyang, tapi juga anggota keluarga inti dua belah pihak. Total ada 17 busana yang Tuty siapkan.

Dua tahun lalu, saat Jokowi mantu putra pertamanya, Gibran Rakabuming, dengan Selvi Ananda, Tuty juga yang mendesain kebaya akad nikah sang pengantin wanita.

Meski merancang busana keluarga Jokowi bukan sesuatu yang baru baginya, Tuty merasa busana Kahiyang memiliki tantangan tersendiri.

Menurut Tuty, sudah menjadi tugas seorang desainer untuk membuat busana yang mampu memancarkan aura dan mengangkat kelebihan kliennya. Setiap klien mempunyai karakter berbeda, begitu pula Kahiyang

"Saya harus bisa menjabarkannya dalam rancangan, mulai dari garis rancangan busana hingga detail. Untuk Kahiyang, bagaimana membuatnya memukau tanpa detail yang berlebihan," ungkap Tuty yang ditemui Wolipop di sela resepsi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017).

Tuty lantas tidak terlalu banyak bermain dengan aplikasi manik-manik pada kebaya resepsi Kahiyang yang berkonsep dodotan jawi dan menggantinya dengan sulaman-sulaman gim (benang emas dan tembaga).

Keistimewan dari sulaman gim yang dibuat Tuty adalah motif klasiknya yang memadukan motif sekar tanjung dan motif truntum.

Tuty juga menggunakan gim yang terdiri dari lima turunan warna, di antaranya emas muda ke emas tua, coklat muda ke coklat tua. "Supaya tampilan gim yang keras terlihat lebih hidup. Kemudian saya permanis dengan permata kristal di sekitar motif sulaman," tambahnya.

Mencari bahan dengan warna yang tepat, tambah Tuty, juga menjadi kesulitan tersendiri dalam membuat busana Kahiyang. (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177