Kamis, 09/11/2017 14:01 WIB

Pernikahan Kahiyang Ayu

Tuty Adib, Desainer di Balik Baju Resepsi Kahiyang Ayu Angkat Bicara

Alissa Safiera - wolipop
Tuty Adib, Desainer di Balik Baju Resepsi Kahiyang Ayu Angkat Bicara Foto: Dok. Instagram @habibie.ahmad.akbar
Jakarta - Desainer Tuty Adib kembali dipercaya keluarga Presiden Joko Widodo dalam merancang busana pengantin putra dan putrinya. Setelah pernikahan Gibran, kali ini Tuty merancang untuk pernikahan Kahiyang Ayu.

Di hari pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby malam lalu, Tuty Adib bercerita tentang rancangannya yang dipakai Kahiyang pada resepsi pernikahan. Diungkap desainer yang menggeluti dunia merancang busana sejak tahun 2000 itu, ia tak hanya bekerja untuk baju resepsi, namun juga kebaya siraman hingga midodareni kahiyang.

"Resepsi malam, mba ayang (Kahiyang) pakai dodotan Jawi Solo tapi memang dipadukan dengan bolero," kata Tuty kepada Wolipop, Rabu (8/11/2017).

Umumnya baju dodotan ala pengantin Jawa memang tidak ditambahkan bolero lagi sebagai luaran, hanya kemben untuk pengantin wanita. Namun untuk Kahiyang, Tuty melakukan beberapa modifikasi, terutama pada sulaman di bolero berbahan beludru atau velvet yang dipakai pengantin.
Tuty Adib, Desainer di Balik Baju Resepsi Kahiyang Ayu Angkat BicaraTuty Adib. Foto: Mohammad Abduh

"Keistimewan dari sulaman gim yang saya buat adalah motif klasiknya, Sekar Tanjung yang saya padukan dengan motif Truntum," imbuh Tuty.

Tak hanya motifnya saja yang istimewa, proses pengerjaan pun dibuat lebih detail oleh desainer yang dikenal sebagai perancang modestwear ini.

"Dalam proses penyulamannya, kurang lebih ada lima turunan warna gim, dari emas muda ke tua, coklat muda ke tua, sehingga tampilan gim yang keras terlihat lebih hidup, kemudian saya permanis dengan permata kristal di sekitar motif sulaman."

Malam itu, bukan hanya Kahiyang yang penampilannya dipercantik karya Tuty Adib, pun ibu Iriana dan besan. Masing-masing kebaya orangtua mempelai juga diberi ornamen benang gim agar menyatu dengan busana pengantin.

"(Busana orangtua wanita) Saya buat sendiri dengan konsep mote yang dipadu dengan gim supaya bisa menyatu dengan busana mba Ayang yang berkonsep klasik Jawa," tuturnya. (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com