Kamis, 09/11/2017 13:36 WIB

5 Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Vina Kurniawan - wolipop
5 Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya Foto: Thinkstock
Jakarta - Lingkaran gelap bawah mata yang juga biasa disebut dengan mata panda bisa membuat wajah terlihat kusam dan lelah. Mata panda biasanya bisa ditutupi atau disamarkan dengan makeup seperti foundation dan concealer.

Namun untuk mata panda yang sifatnya tak permanen, bisa dihilangkan atau sedikit dipudarkan dengan gaya hidup sehat. Ketahui lima penyebab timbulnya mata panda dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari Pop Sugar.

1. Keturunan
Faktor keturunan adalah salah satu penyebab utama timbulnya lingkaran gelap bawah mata. Jika orangtua dan nenek-kakek memiliki mata panda maka besar kemungkinan Anda mendapatkannya dari keturunan terdahulu.

Dermatologist Dr. Sonia Batra menjelaskan, "Kulit yang lebih gelap atau lebih berwarna zaitun, seperti yang berasal dari Mediterania atau Timur Tengah, dapat memiliki tingkat pigmen (melanin) lebih tinggi di bawah mata, yang mengakibatkan perubahan warna menjadi gelap."

Mata panda karena faktor keturunan memang sulit dihilangkan. Agar tidak bertambah hitam Anda bisa memakai krim mata mengandung kafein dan menjalani gaya hidup sehat, misalnya tidur cukup.

2. Jam Tidur Berantakan
Jam tidur yang berantakan dan tidak sesuai juga dapat mengakibatkan munculnya area gelap pada mata. Terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan mata panda. Tak hanya itu, posisi tidur yang salah pun dapat menimbulkan mata panda, seperti tidur dengan posisi tengkurap yang menekan bagian perut dan wajah.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat
Walaupun mata panda dapat ditutupi dengan menggunakan concealer, namun jika memiliki mata asli tanpa lingkaran gelap di bawahnya tentunya jauh lebih baik. Untuk itu dibutuhkan gaya hidup sehat, seperti minum air putih minimal delapan gelas setiap hari, rajin olahraga dan juga banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin K. Selain itu, hindari merokok dan tidur cukup minimal tujuh jam sehari.

4. Alergi
Alergi yang timbul pada mata dapat membuat lingkaran pada mata menjadi lebih gelap. Seperti alergi pada serbuk sari bunga, rumput, dan ketombe. Hal ini dapat menyumbat bagian pembuluh darah di sekitar mata dan menyebabkan warna kebiruan ataupun bengkak. Jika mengalami hal ini maka bisa mengobatinya dengan obat alergi yang dijual di apotek ataupun dengan menggunakan pelembap. Karena pelembab dapat menenangkan pembuluh darah yang bengkak.

5. Membersihkan Wajah Berlebihan
Terlalu sering membersihkan wajah juga bisa memicu timbulnya mata panda. Terlebih lagi jika Anda menggosok mata terlalu kencang untuk menghapus riasan mata. Gerakan kasar di area mata yang kulitnya cenderung tipis dapat merusak pembuluh darah halus sekitar mata. Gunakan produk yang bisa menghapus makeup secara total dalam sekali sapuan sehingga Anda tidak perlu menggosoknya berulang kali. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com