Kamis, 09/11/2017 11:48 WIB

Stres Urus Pernikahan, Kulit Wanita Ini Jadi Belang-belang dalam Semalam

Hestianingsih - wolipop
Stres Urus Pernikahan, Kulit Wanita Ini Jadi Belang-belang dalam Semalam Foto: instagram @kandif5
Mississipi - Siapa sangka stres karena mengurus pernikahan bisa membuat wajah Anda berubah dalam sehari saja? Terlebih lagi, perubahan itu permanen alias tidak bisa kembali seperti semula?

Kandice Benford dari Mississipi tidak pernah menyangka hidupnya akan berubah 180 derajat hanya dalam waktu semalam. Wanita yang berprofesi sebagai penata rambut ini mendapati warna kulitnya berubah, beberapa saat sebelum pernikahannya.

Kandice Benford mengalami kondisi yang dinamakan Vitiligo, yakni ketika sebagian kulit kehilangan pigmen warna sehingga warnanya tidak merata. Vitiligo ditandai dengan bercak-bercak putih di bagian wajah juga seluruh tubuh.

Seperti dikutip dari Allure, Kandice mengatakan vitiligo yang dialaminya dipicu oleh stres karena mempersiapkan pernikahannya. Belum lagi di saat yang sama, Kandice harus mengurus tunangannya --kini sudah menjadi suami-- yang sakit.

Kaget bukan kepalang, tentu itu yang Kandice rasakan saat melihat pantulan wajahnya di kaca pada suatu pagi. Bisa dibayangkan betapa terkejutnya mendapati wajah di seberang cermin bukanlah wajah yang ia lihat setiap hari.

"Kamu melihat dirimu sendiri setiap hari selama 30 tahun dan kemudian di suatu pagi kamu bangun dan kamu terlihat berbeda," ujar wanita berusia 32 tahun ini kepada SWNS Media Group.
Stres Urus Pernikahan, Kulit Wanita Ini Jadi Belang-belang dalam Semalam Foto: instagram @kandif5

Bercak-bercak putih memang tidak sekonyong-konyong muncul pada kulitnya. Saat masih remaja, Kandice mendapati ada bintik-bintik putih di tangannya. Namun bintik putih itu segera menghilang.

"Memang ada bintih di sana-sini, dan aku pernah dengar tentang Vitiligo jadi aku tahu apa itu, tapi aku tidak terlalu memedulikannya pada saat itu," kata wanita 32 tahun itu.

Namun entah karena faktor pertambahan usia atau stres akut karena mengurus pernikahan, Vitiligo kembali muncul, dan kali ini lebih banyak. Untunglah kondisi yang dialami Kandice tidak membuat tunangannya berubah pikiran.

"Aku ketakutan, tapi semua orang sangat mendukung. Suamiku bilang, 'Kamu tetap cantik dengan atau tanpa itu (Vitiligo)'," cerita Kandice.

Pada awalnya Kandice merasa tidak percaya diri dengan kondisi kulitnya. Ia pun mencoba menutup bercak-bercak putih dengan makeup tebal.

Hingga pada akhirnya, Kandice memutuskan untuk menerima keadaannya tersebut. Kandice tetaplah Kandice, bagaimana pun penampilan luarnya.

"Aku berusaha menerima diriku dan melanjutkan hidup. Aku harus menerimanya. Tubuhku ya tubuhku," kata dia.

Kini Kandice sudah jauh lebih percaya diri dengan kulitnya, dan dia berharap orang lain yang memiliki kondisi sama dengannya juga demikian. Kandice sendiri masih memakai makeup namun hanya tipis-tipis dan masih memperlihatkan bercak putih di kulit.

"Untuk setiap orang yang melewati ini, kamu harus mencintai dirimu sendiri. Bersabarlah. Kamu lebih kuat dari yang kamu kira," pesan Kandice. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177