Kamis, 09/11/2017 08:34 WIB

Bukan Umpatan, Kata-kata Inilah yang Sering Diucapkan Orang Stres

Rahmi Anjani - wolipop
Bukan Umpatan, Kata-kata Inilah yang Sering Diucapkan Orang Stres Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Terkadang rasa stres memang sulit untuk ditutupi. Mereka yang sedang tertekan batin umumnya juga menunjukkan sejumlah ciri. Misalnya wajah yang terlihat tegang hingga kulit berjerawat. Ada pula yang jadi lebih sering mengucapkan kata-kata tertentu. Dan menurut riset, kata-kata tersebut bukanlah ungkapan kasar atau mengumpat.

Ketika menegalami musibah atau tekanan, wajar jika seseorang mengungkap kata-kata kasar untuk mengekspresikan kekesalan. Tapi banyak mengucapkan kata umpatan ternyata tidak selalu menunjukkan jika orang tersebut sedang stres berat. Justru penggunaan kata sifat dan keteranganlah yang menjadi cirinya serta faktor meningkatnya level tekanan.

Hal tersebut diungkapkan Profesor Psikologi Matthias Mehl setelah melakukan studi pada 143 orang Amerika. Hasil itu didapatkan ketika Matthias menganalisa cara para responden berbicara.

Terungkap bahwa ketika mereka bertambah stres saat mengucapkan kalimat dengan banyak kata sifat untuk mendeskripsikan sebuah kata. Begitu juga ketika mereka menggunakan kata keterangan yang menekankan seperti sangat atau benar-benar.

Riset tersebut juga mengungkap jika orang stres lebih sedikit mengucapkan kata subyek jamak seperti mereka. Dikatakan jika hal itu disebabkan karena orang tertekan atau terancam biasanya lebih fokus pada diri sendiri dibanding orang lain.

Ketika melakukan penelitian ini, Profesor Matthias juga menganalisa ekspresi dari 50 gen darah putih yang dipengaruhi oleh stres. Ia pun menemukan jika analisa pembicaraan lebih akurat dari data sel. Bisa diartikan bahwahasil temuan mengenai kata yang sering digunakan saat stres ini cukup akurat. Bisa lebih akurat dari penilaian orang itu sendiri mengenai keadaan batinnya. (ami/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177