Rabu, 08/11/2017 09:43 WIB

Pernikahan Kahiyang Ayu

Pakai Lipstik Merah Cabai, Kahiyang Ayu Bikin Pangling saat Akad Nikah

Daniel Ngantung - wolipop
Pakai Lipstik Merah Cabai, Kahiyang Ayu Bikin Pangling saat Akad Nikah Foto: Ray Jordan/detikcom
Solo - Satu lagi tahapan penting yang harus Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution lalui untuk meresmikan hubungan mereka sebagai suami-istri, yakni ijab kabul. Hadir dalam balutan busana Jawa klasik, Kahiyang Ayu bikin pangling berkat rona merah cabai bibirnya.

Kahiyang Ayu tiba di Graha Saba Buana, Solo, lokasi akad nikah dan resepsi, sekitar pukul 08.00 WIB setelah diarak dengan iringan rombongan berbaju deareh. Kahiyang mengendarai kereta kencana yang sudah dipercantik.

Bak putri raja Jawa, Kahiyang Ayu keluar dalam balutan dodot khas Surakarta berbahan beledu atau beludru yang dihiasi motif ukir-ukiran bernuansa emas nan berkilauan.

Bibirnya dipulas rona merah cabai yang menarik atensi. Tidak ketinggalan paes dan sanggul serta hiasan emas tradisional khas Jawanya.
Pakai Lipstik Merah Cabai, Kahiyang Ayu Bikin Pangling saat Akad NikahFoto: Rengga Sancaya

Adapun prosesi ijab kabul melibatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai saksi dari pihak pengantin putri. Sementara pihak Bobby akan diwakili oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Setelah ijab kabul, akan dilangsungkan resepsi. Menurut jadwal, resepsi akan terbagi menjadi dua sesi, yakni pagi dan malam hari. Diungkapkan perias pasangan mempelai, Endang Sumaryono atau akrab disapa Bu Maryono, Kahiyang akan tampil berbeda di setiap resepsi.

Resepsi pagi menggunakan riasan Solo Putri, sedangkan malam harinya Kahiyang bersolek dengan riasan kebesaran atau basahan.

"Pagi gaya Solo Putri, sesuai pakemnya dari gaya Surakarta. Malamnya juga sesuai gaya Keraton Surakarta, kebesaran," ungkap Bu Maryono beberapa waktu lalu.
Pakai Lipstik Merah Cabai, Kahiyang Ayu Bikin Pangling saat Akad NikahFoto: Rengga Sancaya

Warna paes yang diaplikasikan pun, lanjut Bu Maryono, akan berbeda-beda sesuai konsep riasannya.

"Ijab panggih paes-nya hitam, malam paes-nya hijau, alisnya juga dibentuk, namanya menjangan ranggah," ungkapnya.

Model ini agak berbeda dengan saat pernikahan putra sulung presiden, Gibran Rakabuming Raka, dua tahun lalu. Saat itu pengantin menggunakan gaya Solo Putri di kedua acara resepsi.

Riasan tersebut nantinya akan menyempurnakan penampilan Kahiyang dengan busana Jawi lengkap dalam acara akad nikah hingga resepsi. Sedangkan pada malam hari, tambah Bu Maryono, Kahiyang akan menggunakan dodot atau busana basahan.

"Motif dodot-nya belum tahu, tapi tetap alas-alasan (pemandangan hutan). Ada berbagai macam binatang," ujarnya. (dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com