Minggu, 05/11/2017 15:00 WIB

Botox Bisa Bantu Sembuhkan Jerawat, Benarkah?

Rahmi Anjani - wolipop
Botox Bisa Bantu Sembuhkan Jerawat, Benarkah? Foto: Thinkstock
Jakarta - Permasalahan jerawat tak jarang masih menggangu di masa dewasa. Apalagi untuk wanita yang menghadapi perubahan hormon setiap bulannya. Jika Anda sudah lelah mencari solusi penyembuhan jerawat, mungkin Botox bisa dipertimbangkan. Menurut penelitian seorang dermatologis, cairan yang biasa digunakan untuk mengencangkan wajah itu juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Botox memang lebih dikenal sebagai solusi anti penuaan. Suntik Botox biasanya dipakai untuk mengencangkan kulit kendur hingga memudarkan garis halus. Namun penggunaan Botox mulai berkembang beberapa waktu belakangan, mulai dari untuk mencegah produksi keringat berlebihan hingga sakit kepala migrain. Dan menurut studi terbaru, Botox juga dapat membantu menyembuhkan jerawat.

Hal tersebut terungkap dalam studi yang dilakukan dermatologis Anil Shah, MD, seorang dokter bedah plastik asal Chicago, AS. Studinya itu berusaha membuktikan efek Botox pada jerawat.

Hasil riset menemukan jika 85% dari 20 pasien berjerawat mengalami perubahan signifikan pada wajah pascasuntik Botox di wajah. Mereka mendapati ukuran pori mengecil dan begitu juga dengan produksi minyak. Seperti diketahui, pori besar dan minyak berlebihan menjadi dua faktor penyebab timbulnya jerawat.

"Ketika kamu berjerawat, kamu mengeluarkan lebih banyak minyak sebum yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Ketika kami menyuntikkan Botox pada bagian dahi dan antara alis untuk kepentingan kosmetika, banyak pasien mendapati mereka lebih jarang berkeringat, juga penurunan jerawat di dahi," dermatologis Melissa Kanchanapoomi Levin, MD menanggapi hasil riset tersebut.

Meski begitu, Melissa sendiri tidak menyarankan Botox sepenuhnya digunakan untuk mengobati jerawat. Apalagi jika Botox harus disuntik pada seluruh wajah karena hal itu dapat menyebabkan ekspresinya jadi tidak seimbang. Anda bahkan jadi bisa tidak dapat tersenyum dan alis menjadi turun. Apalagi Botox juga merupakan solusi sementara. (ami/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177