Jumat, 27/10/2017 17:26 WIB

Benarkah Jerawat Bisa Sembuh dengan Facial Lintah? Ini Kata Dokter Kulit

Kiki Oktaviani - wolipop
Benarkah Jerawat Bisa Sembuh dengan Facial Lintah? Ini Kata Dokter Kulit Foto: dok. Youtube
Jakarta - Video seorang wanita yang melakukan facial dengan lintah jadi viral. Dalam video tersebut terlihat bagaimana lintah-lintah hidup tersebut diletakkan kulit wajah yang berjerawat. Diklaim, lintah tersebut bekerja untuk menyedot jerawat. Benarkah lintah dapat menyedot jerawat sehingga kulit bisa mulus kembali?

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner dari rumah sakit Mount Sinai di New York, lintah memang kerap kali dijadikan sebagai terapi untuk menyembuhkan luka. Namun masih sangat sedikit penelitian tentang lintah dapat mengatasi jerawat.

"Penyebab jerawat adalah bakter yang berkembang jauh di dalam lapisan kulit, jadi sangat sulit jika lintah bisa menyedot jerawat," ujar Dr. Joshua seperti dikutip dari Allure.
Benarkah Jerawat Bisa Sembuh dengan Facial Lintah? Ini Kata Dokter KulitFoto: dok. Youtube

Dr. Joshua tidak terlalu menyarankan menggunakan lintah sebagai perawatan jerawat. Menurut Dr. Joshua lebih efektif menggunakan krim jerawat dibanding melakukan facial lintah.

"Lintah mungkin hanya sedikit membantu menyembuhkan jerawat yang meradang. Tapi saya tetap akan merekomendasikan pasien menggunakan krim jerawat," kata Dr. Joshua.

Facial lintah juga disebut-sebut dapat mengatasi masalah kerutan wajah dan penuaan kulit. Seperti Miranda Kerr dan Demi Moore yang pernah melakukan perawatan lintah sebagai antiaging. Namun senada dengan Dr. Joshua, Dr. Lynne Haven, MD juga tidak merekomendasikan lintah sebagai perawatan antiaging.

"Perawatan kecantikan dengan lintah sama sekali tidak masuk akal. Aku tidak merekomendasikannya karena beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi. Banyak teknik perawatan yang bisa terapkan yang sudah teruji klinis dibanding melakukan metode facial lintah ini," kata Dr. Lynne seperti dikutip dari New Beauty.

Menurut Dr. Lynne, perawatan antiaging bisa dilakukan dengan metode laser atau menggunakan krim-krim wajah yang mengandung retinoids dan antioksidan. Menurutnya, metode tersebut lebih terbukti mampu mengatasi kerutan halus dan kerutan.

(kik/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177