Jumat, 27/10/2017 06:54 WIB

Jakarta Fashion Week 2018

116 Kain Persembahan Obin untuk Menghibur Hati Ibu Pertiwi di JFW

Daniel Ngantung - wolipop
116 Kain Persembahan Obin untuk Menghibur Hati Ibu Pertiwi di JFW Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Karya terbaru BINhouse karya desainer dan perajin batik Obin ikut mewarnai perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2018, Kamis (26/10/2017). Terinspirasi oleh situasi dunia yang tak menentu, Obin mempersembahkan koleksinya untuk Ibu Pertiwi yang sedang lara.

"Sebenarnya ini bukan sebuah pergelaran, tapi sebuah persembahan untuk menghibur hati Ibu Pertiwi yang sedang sedih," ujar wanita bernama lengkap Josephine W. Komara itu jelang peragaan.

Ibu Pertiwi yang dimaksud Obin adalah bumi. Ia melihat betapa banyaknya tragedi dan musibah tergedi yang terjadi di mana-mana.

"Dunia semakin tua. Sekarang sering terjadi bencana alam, wabah penyakit, pelanggaran hak asasi manusia, limbah berlebih. Semuanya membuat Ibu Pertiwi sedih. Maka itu, kita sebagai anak harus memberikan yang terbaik untuk Ibu Pertiwi," ungkap Obin.

Fashion show bertajuk 'Di Sini Pertiwi' di JFW 2018 lantas menjadi persembahan terbaik Obin bagi Ibu Pertiwi.

Tak tanggung-tanggung, wanita yang lebih senang disebut sebagai tukang kain itu menyuguhkan 116 helai kain batik kreasinya. Kain-kain tersebut dipadu-padakan secara apik hingga menjadi 40 set busana yang menawan. Semuanya ditampilkan ke dalam empat sekuens.

Sebagaimana ciri khasnya, Obin masih menampilkan batik dengan motif yang lebih kontemporer. Beberapa di antaranya disulap

menjadi pilihan busana dengan desain yang memadukan elemen tradisional dan modern.

"Yang berbeda dari koleksi sebelumnya, kali ini kami lebih banyak bermain di detail dengan twist yang lebih menarik," ujar Airlangga Sjah Komara, putra Obin yang juga tergabung dalam tim desain BINhouse.

Selain tampilan busana yang klasik, terdapat sekuen yang menyuguhkan busana serba putih yang dipasangkan dengan sneakers sehingga terasa lebih muda dan urban.

"Saya tidak mau mengotak-ngotakkan umur pemakai batik. Menurut saya, batik pantas dipakai siapa saja, baik tua maupun muda," kata Obin yang sudah berkarya lebih dari tiga dekade itu.

(dng/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177