Rabu, 25/10/2017 11:46 WIB

Kisah Romantis Pasangan yang Akhirnya Menikah Setelah 55 Tahun Terpisah

Anggi Mayasari - wolipop
Kisah Romantis Pasangan yang Akhirnya Menikah Setelah 55 Tahun Terpisah Foto: Istimewa
Jakarta - Cinta sejati memang tak mengenal batas waktu dan usia. Seperti yang terjadi pasangan asal China ini. Meskipun sempat terpisah selama lebih dari lima dekade, keduanya dapat bersatu kembali dan mengikat janji suci.

Pria yang memiliki nama Yuan Dibao ini menikahi wanita pujaan hatinya, Danny Li, setelah 55 tahun sempat terpisah. Kini kisah cinta pasangan ini mencuri atensi netizen di China ketika salah satu dari mereka telah meninggal pada usia 90 tahun.

Yuan pertama kali bertemu dengan Danny pada 1953. Saat itu ia mengajar bahasa Rusia di Zhejiang Medical College, di Hangzhou, sementara itu Li menjadi guru bahasa Prancis dan Cina. Pasangan itu saling jatuh cinta, tapi menjalin hubungan asmara di antara guru dianggap tabu.

Pada 1954, Yuan mengungkapkan kepada Danny bahwa ia memiliki seorang istri dari perjodohan atau pernikahan yang diatur. Pasangan tersebut berpisah dan tak pernah saling bertemu lagi. Namun, mereka tetap berhubungan melalui tulisan surat setelah Danny pergi ke Prancis pada 1956.
Kisah Romantis Pasangan yang Akhirnya Menikah Setelah 55 Tahun TerpisahFoto: Istimewa

Menurut People's Daily China, kiriman surat Yuan dan Li kemudian terganggu oleh revolusi kebudayaan China di tahun 1960-an dan 1970-an. Hal itu menyebabkan mereka kehilangan kontak.

Dari pernikahannya itu, Yuan menjadi ayah dari tiga putra, dan istrinya meninggal pada 1994. Sementara itu, Li masih tetap sendiri melajang dan bertahan akan cintanya pada Yuan.

"Aku tidak bisa memulai hubungan baru, meski ada banyak yang mengetuk pintu hatiku. Aku menemukan cinta padanya dengan sungguh-sungguh, dan merasa tidak ada orang lain yang bisa mencocokkannya," Ungkap Li.
Kisah Romantis Pasangan yang Akhirnya Menikah Setelah 55 Tahun TerpisahFoto: Istimewa

Pada 2010, Yuan terdorong untuk menghubungi Li kembali. Hal tersebut dibantu oleh menantu perempuannya yang mengetahui tentang kisah asmara lama mereka dari seorang kerabat yang telah membantu menyembunyikan surat Li dari istri Yuan.

Yuan kemudian menulis surat kepada Li dan juga sanak keluarganya untuk mengetahui apakah wanita pujaan hatinya itu masih hidup. Ia pun sangat senang ketika Li membalas suratnya. Keduanya saling berkomunikasi kembali selama sebulan sebelum akhirnya Yuan mengundang Li ke Xiamen, tempat Yuan pindah.

Bersama keluarganya, Yuan menyambut Li di bandara sambil memberikan 55 mawar. Kisah percintaan mereka pun hidup kembali setelah 55 tahun yang lalu sempat terpisah. Beberapa bulan kemudian, Yuan dan Li memutuskan untuk menikah. Pasangan tua ini kemudian melanjutkan hidup bersama dengan ketiga anak Yuan.

Kamis lalu (19/10/2017), Yuan meninggal pada usia 90 tahun. Ia menghabiskan saat-saat terakhirnya bersama istri dan cinta sejatinya selama tujuh tahun. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com