Senin, 23/10/2017 11:20 WIB

Indonesia Kirim 'Mbok Jamu' Cantik Ikut Kontes Miss International 2017

Hestianingsih - wolipop
Indonesia Kirim Mbok Jamu Cantik Ikut Kontes Miss International 2017 Foto: Instagram
Jakarta - Puteri Indonesia Lingkungan 2017 Kevin Lilliana bertolak ke Jepang, Minggu (22/11/2017), untuk berkompetisi di ajang Miss International 2017. Seperti biasanya, Kevin membawa serta beberapa set busana untuk dikenakan saat karantina maupun malam final, termasuk kostum Nasional.

Ada yang unik dari konsep kostum Nasional yang akan ditampilkan di salah satu kompetisi ratu kecantikan terbesar dunia itu. Di Miss International 2017, Kevin Lilliana akan jadi 'Mbok Jamu'.

Ya, kostum Nasional untuk Miss International kali ini bertema 'Mbok Jamu dan Ramuan Rahasia Kuno'. Seperti diketahui, jamu merupakan minuman tradisional berbahan alami warisan budaya kuno Indonesia.

Sejak zaman nenek moyang, jamu menjadi obat tradisional yang diyakini baik untuk menjaga kesehatan, kecantikan, meningkatkan stamina tubuh, juga mengobati penyakit. Sosok Mbok Jamu pun cukup lekat dan dikenal masyarakat Indonesia.

Berbekal bakul dengan botol-botol berisi berbagai racikan jamu yang digendong menggunakan kain jarit, Mbok Jamu berkeliling menjajakan jualannya. Mbok Jamu juga selalu membawa ember untuk mencuci gelas-gelas bekas minum jamu, tak lupa termos air panas untuk menyeduh jamu.
Indonesia Kirim 'Mbok Jamu' untuk Ikut Kontes Kecantikan InternasionalFoto: Instagram

Gambaran itulah yang akan dibawakan Kevin Liliana dalam balutan kostum rancangan Annisa Feby, desainer asal Banyuwangi. Annisa Feby mengembangkan desain kostum yang dikreasikan Imam Syafii, seorang penggemar kontes kecantikan. Setelah 17 kali revisi, terciptalah rancangan kebaya asimetris berwarna ungu yang dipadukan dengan kain batik serta topi caping, lengkap dengan bakul jamu dan ember.

"Dengan Support Penuh dari Bapak Bupati Banyuwangi dan Disbudpar Banyuwangi ❤❤ Kami REDESIGN Natcos Mbok Jamu Karya Mas imam Syafii dengan Banyak Sekali Pertimbangan Selama 3 Minggu untuk Menentukan Design Mana yang Pas dengan 17x Revisi," tulis Annisa di akun Instagram, @annisabanyuwangi.

Ternyata tak sekadar tampil seperti Mbok Jamu. Ada nilai-nilai filosofis dari setiap elemen kostum yang dihadirkan. Salah satunya kain batik yang digunakan sebagai bawahan. Annisa menjelaskan bahwa Batik Dilem Sempleh merupakan salah satu motif batik kuno Banyuwangi.

"Dilem adalah Daun yang Berasal dari Tanaman Semak yang Tumbuh Di Kawasan Tropis (Indonesia) yang Berkhasiat untuk Pengobatan Berbagai Penyakit," tulis Annisa lagi.
Indonesia Kirim 'Mbok Jamu' untuk Ikut Kontes Kecantikan InternasionalFoto: Instagram

Sementara warna ungu pada kebaya dipilih untuk menggambarkan semangat, femininitas, suasana akrab dan ketulusan untuk mendahulukan orang lain. Menurut Annisa, warna ungu juga jarang Ditemui di Alam Sehingga sering dikaitkan dengan hal-hal suci dan berharga.

"Warna UNGU Sering Digunakan oleh Kalangan Kerajaan dan Orang-Orang yang Dianggap Memiliki Derajat dan Keahlian Khusus," jelas Annisa lagi.

Ornamentasi pada pundak kanan kebaya juga memiliki makna tersendiri. Dijelaskan Annisa, aksen yang cukup detail dari payet, kristal serta bordiran, mewakilkan alam Indonesia yang lebat dengan kekayaan sumber sumber daya alam melimpah. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com