Senin, 16/10/2017 19:09 WIB

Gaya Gentleman AHY Berbalut Jas Pinstripes di Pelantikan Gubernur DKI

Daniel Ngantung - wolipop
Gaya Gentleman AHY Berbalut Jas Pinstripes di Pelantikan Gubernur DKI Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Saat acara pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur-Wagub DKI di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/10/2017), sosok Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mencuri perhatian. Dalam balutan jas pinstripes, AHY menunjukkan rasa percaya dirinya setelah kalah di Pilkada DKI.

Mudah untuk menemukan AHY di tengah ratusan para tamu yang menghadiri acara bersejarah tersebut. Bukan hanya karena tubuhnya yang tinggi-gagah, tapi juga pilihan busananya. Di saat jas polos mendominasi penampilan para tamu yang kebanyakan adalah pejabat negara, AHY hadir dalam balutan kemeja putih dan dasi hitam yang dibungkus dengan jas hitam bermotif garis putih vertikal.

Tidak ketinggalan sapu tangan yang menyembul keluar dari kantong kiri jasnya. Pria yang menjadi rival Anies-Sandi di Pilkada DKI 2017 lalu menyempurnakan gaya necisnya dengan rambut klimis.
Foto: Danu Damarjati/detikcom
Penampilan AHY agak mengingatkan kita pada gaya berbusana para pria 'dandy' di film lawas 'The Godfather' (1972).

Gaya formal dengan setelan berjas menjadi keseharian para pria kala itu sekaligus menggambarkan sosok 'gentleman' yang sejati.

Adapun garis putih yang menghiasi jas AHY dikenal dengan nama pinstripes. Dirangkum dari berbagai sumber, setelan jas bermotif pinstripes mulai populer di era 1920-an sebagai busana wajib para bankir di Inggris dan Amerika Serikat.

Seiring berjalannya waktu, jas pinstripes terus berevolusi dan sempat menghilang dari ranah tren busana pria. Belakangan jas pinstripes mulai muncul kembali dalam potongan dan siluet yang telah disesuaikan dengan selera kekinian. Begitu populernya, motif pinstripes juga diadaptasi untuk busana wanita. Desainer Stella McCartney mengaplikasikan motif tersebut di pilihan gaun berpotongan minimalis koleksi Fall-Winter 2013.
Foto: Danu Damarjati/detikcom
Sejumlah selebriti Hollywood seperti Nick Jonas dan Ryan Gosling mengandalkannya saat tampil di karpet merah. Dengan ramuan tren terkini, jas pinstripes menjelma tak hanya untuk acara formal, tapi juga berbagai kesempatan kasual.

"Ada sebuah alasan kenapa banyak pria modis memilih pinstripes dewasa ini: saat pinstripes versi modifikasi dipakai kaum profesional untuk menunjukkan status dan pengalaman, pinstripes dengan garis yang lebih tebal menjadi pernyataan tegas bagi para pria yang lebih menyukai jas ketimbang busana berwarna dan bermotif grafis," tulis majalah gaya hidup pria GQ dalam sebuah artikel di situsnya 2016 silam.

"Ini adalah busana yang dapat membuat penampilan Anda lebih menarik berkat garis vertikal... Pinstripes berbicara tentang besarnya rasa percaya diri dan gaya Anda." (dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com