Kamis, 12/10/2017 19:03 WIB

Fakta Terkini! Lebih dari 33% Pasangan Menikah Bertemu di Kencan Online

Hestianingsih - wolipop
Fakta Terkini! Lebih dari 33% Pasangan Menikah Bertemu di Kencan Online Foto: Thinkstock
Jakarta - Cari pacar lewat kencan online masih jadi hal yang asing bahkan 'tabu' beberapa tahun lalu. Tapi kini kencan online justru menjadi pilihan sebagian besar orang di era milenium untuk urusan mencari pasangan.

Kemunculan situs maupun aplikasi kencan online sudah menjadi fenomena tersendiri. Bahkan sedikit banyak telah mengubah perilaku orang dalam bersosialisasi maupun menjalin hubungan asmara.

Kencan online berdampak besar terhadap perilaku orang dalam mencari pasangan sekarang ini. Tapi sebuah data statistik telah menunjukkan kalau efeknya ternyata lebih mendalam dan substansial.
Fakta Terkini! Lebih dari 33% Pasangan Menikah Bertemu di Kencan OnlineFoto: Dok. Bumble

Selama lebih dari 50 tahun, para peneliti telah mempelajari karakter dasar dari relasi-relasi yang menghubungkan satu orang dengan orang yang lain. Dahulu kala, orang-orang lebih senang berhubungan dengan seseorang yang paling dekat di lingkungan mereka.

Misalnya kedekatan dengan tetangga, teman sekolah, teman satu kantor atau temannya teman. Mereka juga merasa lebih terikat secara emosional di lingkungan tetangga atau kelompok kecil ketimbang dengan orang yang jaraknya lebih jauh.

Sejumlah survei pun menunjukkan, dari tahun 1940-an hingga awal 1990-an, rata-rata orang bertemu dengan pasangan mereka yang sekarang melalui perkenalan dengan teman, bertemu di bar, tempat kerja, di sekolah yang sama, tempat ibadah, melalui relasi keluarga, dan sebagainya. Tapi memasuki tahun 1995, kencan online telah mengubah semua itu.
Fakta Terkini! Lebih dari 33% Pasangan Menikah Bertemu di Kencan OnlineFoto: Reuters - Mike Blake

Diawali dengan kemunculan situs kencan online Match.com pada 1995, situs-situs serupa pun bermunculan. Sebut saja OKCupid yang booming di awal 2000-an dan kini juga tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone. 'Serbuan' kencan online makin marak dengan kedatangan Tinder pada 2012 yang membuat budaya perkencanan berubah makin jauh.

Dikutip dari Technology Review, lebih dari 33 persen pasangan yang menikah bertemu dari kencan online. Bahkan sekarang ini, kencan online menempati urutan kedua sebagai cara paling umum yang dipakai orang untuk menemukan tambatan hatinya.

Kenalan lewat teman masih menjadi cara paling populer untuk mendapatkan pasangan, namun persentasenya terus menurun sejak 1990 dari 40 persen menjadi hanya 28 persen. Sementara popularitas kencan online makin melonjak sejak akhir '90-an hingga awal 2000-an.
Fakta Terkini! Lebih dari 33% Pasangan Menikah Bertemu di Kencan OnlineFoto: Thinkstock

"Orang yang bertemu secara online rata-rata belum pernah kenal sama sekali," ujar duo peneliti Josue Ortega dari University of Essex, Inggris, dan Philip Hergovich dari University of Vienna di Austria, seperti dilansir Technology Review.

Lebih lanjut mereka menjelaskan, ketika orang-orang bertemu dengan cara seperti ini, akan menciptakan hubungan sosial di mana pada zaman sebelumnya tidak dikenal, bahkan tidak ada.

Lebih menariknya lagi, hasil studi Josue dan Philip juga menunjukkan pasangan yang bertemu dari kencan online lebih kecil risiko bercerai ketimbang pasangan yang bertemu dengan cara konvensional. Jadi bisa disimpulkan, di samping banyaknya kasus kencan online hanya dijadikan sebagai 'selingan', ada kemungkinan bahwa kencan online juga lah yang memperbesar kesempatan orang menemukan pasangan hidup potensial. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com