Kamis, 12/10/2017 06:35 WIB

7 Kebiasaan Sehari-hari Orang Sukses dan Kaya yang Patut Ditiru

Rahmi Anjani - wolipop
7 Kebiasaan Sehari-hari Orang Sukses dan Kaya yang Patut Ditiru Foto: Thinkstock
Jakarta - Bekerja keras memang bisa menghasilkan banyak uang. Namun sikap dan kebiasaan baik lah yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan karier yang sebenarnya. Sikap dan kebiasaan itu pun bukan hanya terkait pekerjaan saja namun juga keseharian. Hal-hal kecil yang menjadi rutinitas sehari-hari bisa membangun diri sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih baik. Berikut tujuh kebiasaan sehari-hari orang kaya yang patut ditiru jika mau ikut sukses:

1. Membaca Buku Nonfiksi
Kebanyakan orang sukses suka membaca buku. Karenanya, mereka punya banyak informasi untuk mengembangkan diri dan usaha. Akuntan dan financial planner Tom Corley pernah mensurvei 233 miliuner. Ia pun menemukan jika 88% dari mereka mendedikasikan waktu setidaknya 30 menit untuk membaca. Orang-orang kaya tersebut juga punya preferensi buku yakni genre nonfiksi, seperti biografi, sejarah, dan self-help.

2. Meditasi
Kebiasaan miliuner yang mungkin jarang dilakukan orang-orang adalah meditasi. Padahal kebiasaan tersebut punya manfaat mental dan fisik, termasuk menguatkan memori. Salah satu orang sukses yang suka meditasi di keseharian adalah Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square. Setelah bangun pagi pukul 05:00, ia mengaku langsung meditasi. Selain Jack Dorsey, Oprah Winfrey juga dikenal suka melakukannya.

3. Bangun Pagi
Anda yang suka bangun siang mungkin perlu belajar bangun lebih pagi mulai besok. Karena kebanyakan orang kaya dan sukses di dunia suka bangun pagi sekali. Menurut penelitian yang dilakukan Corley dalam buku Change Your Habits Change Your Life, 50% orang kaya di dunia bangun paling tidak tiga jam sebelum berangkat kerja. Umumnya mereka bangun pagi untuk menyicil pekerjaan, membaca, hingga olahraga.

4. Banyak Istirahat
Meski bangun pagi, orang-orang kaya tidak kekurangan tidur. Penelitian Corley membuktikan jika 89% miliuner tidur tujuh hingga delapan sehari bahkan lebih. Menurut Corley, tidur sangat penting untuk kesuksesan. Jadi, jangan begadang terlalu larut ya!

5. Selalu Punya Waktu Olahraga
Selain bangun pagi, gaya hidup orang kaya yang patut ditiru adalah selalu olahraga. Olahraga memang diketahui baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Latihan fisik pun dapat meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar sehingga Anda bisa bekerja lebih baik. Menurut riset Corley, 76% orang kaya yang dirisetnya olahraga paling tidak 30 menit setiap hari.

6. Mengasah Kemampuan Komunikasi
Meski sudah sukses dan kaya, pengembangan diri tetap penting dilakukan. Tak hanya seputar bisnis dan karier, para orang kaya dan sukses pun suka mengasah kemampuan mereka dalam berkomuniksi. Menurut CEO Virgin Richard Branson, komunikasi adalah kemampuan paling penting yang harus dimiliki seorang pemimpin.

7. Bicara dengan Diri Sendiri
Berbicara sendiri ternyata penting untuk kesuksesan. Menurut penulis Directed by Purpose, Michal Stawicki, orang-orang sukses di dunia sering mengobrol dengan diri sendiri. Mereka tentu tidak melakukannya karena mengomel namun membangun dialog dengan diri sendiri untuk mencari jawaban dan solusi. (ami/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com