Rabu, 11/10/2017 08:29 WIB

Tak Disangka, 17 Pekerjaan Ini Ternyata Rentan Picu Depresi

Rahmi Anjani - wolipop
Tak Disangka, 17 Pekerjaan Ini Ternyata Rentan Picu Depresi Foto: Thinkstock
Jakarta - Hampir semua orang pernah dibuat stres oleh pekerjaan. Hal itu memang wajar tapi jika pekerjaan selalu membebani perasaan, ada baiknya Anda ganti profesi saja. Karena menurut sejumlah penelitan, karier sering menjadi pemicu berbagai gangguan kesehatan. Selain sebabkan gangguan tidur atau tekanan darah tinggi, ada pula resiko depresi yang mengintai.

Menurut penelitian terbaru, ternyata ada sejumlah profesi yang lebih rentan sebabkan depresi dibanding pekerjaan lain. Menariknya, profesi-profesi yang masuk daftar tersebut tidak dikenal sangat berat atau sulit. Di sana, bahkan tidak tercantum pekerjaan bankir, wartawan, atau dokter yang selama ini dikenal penuh tekanan. Profesi yang dikatakan membuat depresi justru yang menuntut interaksi dengan banyak orang.

Temuan tersebut didapat para peneliti setelah menganalisa 214.413 pekerja di 53 industri. Riset yang dilakukan selama tiga tahun tersebut mengungkap industri-industri yang paling mungkin menyebabkan pegawainya depresi. Bidang kerja tersebut juga dinilai tidak seimbang dalam hal penghargaan, emosi, dan aktivitas fisik sehingga menyebabkan stres berlebih.

17 profesi ini pun sering merasa kurang dihargai atas usaha mereka. Apalagi mereka juga harus selalu berhadapan dengan klien atau pelanggan yang tidak selalu mudah. Beberapa pekerjaan dalam daftar itu juga menuntut pegawainya selalu harus duduk di meja sehingga membosankan. Berikut 17 pekerjaan yang paling rentan sebabkan depresi berdasarkan penelitian:

1. Supir Transportasi Umum
2. Agen Real Estate
3. Pekerja Sosial
4. Pekerja Pabrik
5. Penyedia Jasa Personal (Tukang cukur, pengasuh, pelatih olahraga)
6. Pekerja Layanan Hukum
7. Penjaga rumah
8. Staff Organisasi
9. Broker
10. Pekerja Percetakan
11. Pekerja Pertanian
12. Pekerja Retailer
13. Pekerja di bidang Elektrik, Bensin, dan Kebersihan
14. Kontraktor Perdagangan
15. Pekerja Batubara dan Minyak Bumi
16. Pekerja Perbaikan Barang (ami/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com