Kamis, 05/10/2017 13:20 WIB

Wow, Hijab Karya Hana Tajima Masuk Museum Seni di New York

Arina Yulistara - wolipop
Wow, Hijab Karya Hana Tajima Masuk Museum Seni di New York Foto: Ist.
Jakarta - Para muslimah tentu tahu blogger hijab yang terjun menjadi desainer, Hana Tajima. Hijabers berdarah Jepang-Inggris itu baru-baru ini menjadi sorotan karena masuk ke The Museum of Modern Art (MoMA), New York, Amerika Serikat.

Museum yang didirikan sejak 1929 itu menggelar pameran pertama yang didedikasikan untuk desain busana mulai 1944 hingga masa kini. Di antara desain yang ditampilkan, karya Hana Tajima menjadi bagian dari pameran tersebut.

Bertajuk 'Items: Is Fashion Modern?', pameran seperti ini belum pernah digelar sebelumnya. Terdapat 111 item pakaian dan aksesori yang telah dibuat selama abad ke-20 dan 21.

Pihak MoMa memilih untuk menambahkan koleksi hijab dari Hana Tajima yang berkolaborasi bersama brand Jepang Uniqlo. Koleksi yang dipamerkan merupakan bagian dari AIRism Printed Stole dan AIRism Inner Hijab. Koleksi tersebut dianggap booming dan disukai karena kenyamanannya saat dipakai wanita di seluruh dunia.

Kedua item hijab rancangan Hana Tajima itu masuk ke dalam bagian pameran yang bertemakan modest dengan judul 'Emancipation/Modesty/Rebellion'. Stephanie Kramer, asisten peneliti seni di MoMA, mengatakan pameran ini digelar dengan tujuan untuk menunjukkan keragaman item fashion yang ada dari dulu hingga sekarang.

"Kita pertama-tama merasa terbebani oleh keragaman item. Sekarang semua ini bisa digabungkan dalam satu ruangan, di bawah satu payung mode," kata Stephanie.

Selain hijab dari Hana Tajima, dipamerkan juga kippah dan keffiyeh. Selain itu karya brand besar seperti Levi's 501, Yves Saint Laurent, Nike, Adidas, hingga Chanel juga dipamerkan di MoMA, New York. Pameran berlangsung mulai dari 1 Oktober 2017 sampai 28 Januari 2018.


(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com