Kamis, 05/10/2017 07:26 WIB

Jangan Anggap Remeh Uang Receh, Ini Tipsnya Agar Jadi Puluhan Juta Rupiah

Anggi Mayasari - wolipop
Jangan Anggap Remeh Uang Receh, Ini Tipsnya Agar Jadi Puluhan Juta Rupiah Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang wanita yang memiliki akun Facebook dengan nama Agustine Ningsih jadi viral karena bisa punya Rp 60 juta dari menabung uang receh. Siapapun juga bisa menabung dan menghasilkan uang yang cukup banyak dengan uang receh seperti Agustine. Bagaimana caranya?

Menurut perencana keuangan Aidil Akbar Madjid, kesalahan kebanyakan masyarakat Indonesia adalah menganggap remeh uang receh. Padahal jika dikumpulkan uang-uang kecil tersebut bisa menjadi banyak dan bermanfaat.

"Di Indonesia uang receh itu nggak dianggap. Biasanya sama orang itu suka dibiarin aja jatuh, keselip di bantal dibiarin aja, karena memang nilainya kecil. Tapi sebenarnya ini lebih kepada mengumpulkan yang sisa-sisa, ternyata kalau dikumpulkan bisa menjadi banyak loh. Jadi kan intinya kita harus menghargai uang kecil," tutur Aidil saat dihubungi Wolipop, Rabu (4/10/2017).

Syaratnya pun cukup mudah, yakni menyisihkan uang-uang kecil dari pengeluaran jajan atau uang kembalian belanja. "Karena nominalnya kecil jadi tak dianggap sebagai sesuatu yang memberatkan," tambah Aidil.

Pria yang telah berkarier di bidang keuangan sejak 1994 ini juga menambahkan bahwa jika ingin mendapatkan banyak uang dari hasil tabungan uang receh, maka salah satu hal terpenting adalah tempat simpanan uang tersebut tak mudah untuk diakses.

"Misalnya botol galon itukan artinya kalau udah masuk nggak bisa diambil. Kalau kamu simpannya di tempat yang bisa diakses nanti kepakai lagi untuk yang lain. Celengan ayam, nggak bisa ngambil kecuali kamu pecahin atau kamu bongkar," jelasnya.

Disiplin dan rutin menabung juga menjadi kunci sukses agar simpanan uang receh bisa mencapai hasil yang fantastis. Kemudian lakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama yakni dua sampai lima tahun.

"Kamu tabung selama lima tahun, itu bisa buat DP apartemen. Karena nominalnya kecil kan nggak berasa setiap hari," terang Aidil. (agm/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177