Rabu, 27/09/2017 12:41 WIB

4 Hal yang Penting Dilakukan Saat di Pesawat Tapi Sering Terlupakan

Arina Yulistara - wolipop
4 Hal yang Penting Dilakukan Saat di Pesawat Tapi Sering Terlupakan Foto: Thinkstock
Jakarta - Biasanya kita menghabiskan waktu di pesawat dengan menonton film atau tidur. Namun ada beberapa hal yang sebenarnya perlu dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit selama di dalam pesawat. Seperti empat hal ini yang sering disepelekan tapi memiliki fungsi bagus untuk kesehatan.

1. Sering Cuci Tangan
Mungkin Anda malas pergi ke kamar mandi hanya untuk cuci tangan. Akan tetapi hal ini diperlukan terutama ketika melakukan perjalanan jauh penggunakan pesawat. Pulmonologist sekaligus penulis Cough Cures, Dr. Gustavo Ferrer mengatakan bahwa mencuci tangan bisa mengurangi risiko Anda mengalami sesak napas di pesawat.

"Cuci tangan itu seperti vaksin untuk diri sendiri melibatkan lima langkah sederhana (mencuci, memberikan sabun, menggosok, bilas, dan mengeringkan). Ini akan mengurangi penyebaran penyakit pernapasan sehingga membuat Anda lebih sehat," ujar Cough.

2. Olahraga Sambil Duduk
Menurut Clinical Director of ActiveCare Physical Therapy New York, Dr. Karena Wu, perlu berolahraga saat duduk. Ini akan membantu meregangkan otot dan membuat pegal hilang. Hanya perlu peregangan ringan untuk membuat tubuh Anda tidak kaku dan mudah keram.

"Latihan seperti meluruskan lutut, mengencangkan bokong, dan melakukan lingkaran menggunakan kaki selama sepuluh detik bisa membuat tubuh lebih sehat selama di pesawat," ujarnya.

3. Gunakan Hand Sanitizer
Selalu gunakan hand sanitizer selama di pesawat. Co-founder dan Medical Director of IVme Wellness + Performance of Chicago, Dr. Jack Dybis, mengatakan bahwa ini cara terbaik agar Anda terhindar dari penyakit.

"Menyentuh wajah terutama di bagian mata, hidung, serta mulut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit. Di pesawat terbang, risiko tersebut meningkat, diperkirakan satu dari lima penumpang sakit selama terbang karena kuman," ujar Jack.

Dokter Jack juga menjelaskan bagaimana bakteri dan virus bisa bertahan selama kurang lebih 18 jam di sekitar pesawat seperti pada kursi, meja baki, kantong belakang kursi, sandaran tangan, sabuk pengaman, hingga kamar kecil. Jadi biasakan mencuci tangan menggunakan sanitizer setiap akan menyentuh wajah atau bagian tubuh lainnya.

4. Hindari Kebiasaan Menggosok Hidung atau Mata
Menggosok hidung atau mata sering dilakukan setiap kali merasa gatal. Saat di pesawat, Anda disarankan untuk tidak melakukannya. Ini bisa mempercepat penyebaran bakteri pada tubuh Anda melalui hidung dan mata. Maka dari itu, sebaiknya tahan untuk sering-sering mengusap hidung atau mata. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177