Minggu, 24/09/2017 16:13 WIB

6 Kesalahan Wanita Saat Memakai Celana Dalam Menurut Pakar Kesehatan

Arina Yulistara - wolipop
6 Kesalahan Wanita Saat Memakai Celana Dalam Menurut Pakar Kesehatan Foto: Thinkstock
Jakarta - Apa Anda sudah benar memilih celana dalam? Celana dalam sangat berkaitan dengan kesehatan Miss V. Ketika salah memilihnya maka bisa mempengaruhi kesehatan vagina. Berikut enam kesalahan wanita saat memilih celana dalam menurut beberapa pakar kesehatan.

1. Tidak Pakai Celana Dalam Katun
Celana dalam berbahan katun biasanya memiliki model yang biasa saja, tidak seksi. Sementara celana dalam berbahan lace atau satin dapat memberikan kesan seksi terutama di depan suami. Nah Anda harus pilih, mau sehat atau terlihat seksi?

Dokter Donnica Moore, M.D. mengatakan bahwa celana dalam berbahan sutera atau kain sintetis membuat sirkulasi udara kurang baik sehingga mudah lembab.

"Sutra dan kain sintetis tidak breathable yang lebih cepat lembap. Ini bisa menimbun banyak bakteri dan berisiko infeksi karena jamur," ujar Donnica seperti dilansir dari Huffington Post.

2. Sering Pakai Thong
Beberapa wanita suka pakai thong yang tidak membuat kulit belang karena garis celana dalam. Namun ini berisiko Miss V terpapar bakteri. "Jika Anda orang yang aktif, tali thong menempel pada vagina dan bokong. Tali itu bisa menyimpan bakteri yang bisa langsung masuk ke dalam vagina Anda," ujar Dr. Jill M. Rabin.
6 Kesalahan Wanita Saat Memakai Celana Dalam Menurut Pakar KesehatanFoto: Thinkstock

3. Memakai Celana Dalam saat Tidur
Anda tidak harus telanjang saat tidur tapi sama seperti bra sebaiknya celana dalam dilepas ketika akan beristirahat di malam hari. Ini bisa mengurangi risiko infeksi jamur yang akan meningkat ketika Anda memakai celana dalam semalaman.

"Biarkan daerah itu (Miss V) mendapat udara untuk membantu menjaganya agar tetap kering dan bersih," saran dokter obgyn Nancy Herta, M.D dari Michigan State University.

4. Pakai Warna Mencolok
Beberapa wanita suka memakai celana dalam yang bervariasi mulai dari warna-warna terang hingga modelnya. Celana dalam dengan warna-warna mencolok atau terang ternyata bisa mengganggu kesehatan vagina. Maka dari itu pilihlah warna yang lebih lembut atau netral untuk celana dalam.
6 Kesalahan Wanita Saat Memakai Celana Dalam Menurut Pakar KesehatanFoto: thinkstock

"Pewarna kain bisa mengiritasi kulit halus vagina Anda terutama bagi pemilik kulit sensitif," ujar dokter Owen Montgomery, M.D.

5. Asal Pilih Celana Dalam saat Olahraga
Bagi sebagian wanita, mereka asal saja mengambil celana dalam di lemari untuk berolahraga. Dokter Justin Shelton menuturkan bahwa mengenakan pakaian dalam yang slaha saat olahraga dapat membuat Anda tidak nyamann dan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

"Memakai celana dalam yang ketat, tidak terbuat dari bahan yang baik, tidak breathable, warnanya gelap, lembab, bisa menyebabkan bakteri bersarang di atasnya," kata Justin.

6. Salah Pilih Model Celana Dalam
Jika bahan sudah sesuai tapi model celana dalam tidak cocok dengan busana yang dikenakan maka bisa mempengaruhi penampilan. Pakar lingerie Mariana Hernandez mengatakan bahwa menggunakan celana dalam berpotongan rendah dan celana high-waisted bisa membuat perbedaan secara tampilan keseluruhan.

Ia juga memperingatkan agar tidak mengenakan celana dalam yang bertekstur seperti renda ketika menggunakan pakaian yang ketat karena bisa terlihat aneh. (aln/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177