Jumat, 15/09/2017 09:09 WIB

Tampilkan Model Pakai Turban di Fashion Show, Marc Jacobs Dikritik Netizen

Hestianingsih - wolipop
Tampilkan Model Pakai Turban di Fashion Show, Marc Jacobs Dikritik Netizen Foto: Reuters
New York City - Fashion show Marc Jacobs menjadi penutup rangkaian New York Fashion Week Spring/Summer 2018 di New York City, Rabu (13/9/2017). Menampilkan koleksi busana eklektik penuh warna, show Marc Jacobs menuai kritik.

Para model membawakan koleksi Marc Jacobs Spring/Summer 2018 dengan mengenakan penutup kepala bergaya turban. Beberapa kalangan menilai, turban tidak seharusnya ditampilkan di fashion show.

Seorang penulis budaya bernama Helen Bradley Griebel menyatakan kalau turban merupakan sebuah identitas ras. Menurutnya, penutup kepala turban ini menjadi simbol sejarah masyarakat Amerika.
Tampilkan Model Pakai Turban di Fashion Show, Marc Jacobs Dikritik NetizenFoto: Reuters

"(Penutup kepala) menyimbolkan penderitaan dari praktik perbudakan dan tidak pernah dianggap sebagai fashion. Turban mencerminkan lebih dari sekadar apa yang disebut sebagai kain yang membungkus kepala," tulisnya, seperti dikutip dari Allure.

Helen juga mengungkapkan turban seharusnya hanya dipakai untuk wanita-wanita keturunan Afrika yang tinggal di Amerika Serikat. Pemakaian turban di Amerika Serikat, menurut Helen, telah dipakai jutaan wanita yang diperbudak dan keturunannya sebagai sebuah identitas masyarakat.

"Tapi jika dijelaskan lebih rinci lagi, turban wanita Afrika-Amerika juga berfungsi sebagai 'seragam pemberontakan' yang menandakan penolakan absolut terhadap hilangnya identitas diri," lanjut Helen.
Tampilkan Model Pakai Turban di Fashion Show, Marc Jacobs Dikritik NetizenFoto: Reuters

Sementara itu reaksi netizen di social media terhadap pemakaian turban di show Marc Jacobs cukup beragam. Sebagian besar netizen juga ikut mengritik gaya busana yang dikreasikan Guido Palau, hairstylist untuk show bertema retro glam tersebut.

"The head wraps featured in the Marc Jacobs show just seem really misplaced. IMO," tulis salah seorang netizen di Twitter.

"Marc Jacobs is really tryin it with these head scarves though. Part of me is laughing and part of me is side-eyeing," komentar netizen lainnya.
Tampilkan Model Pakai Turban di Fashion Show, Marc Jacobs Dikritik NetizenFoto: Reuters

"So Marc Jacobs went from faux locks to head wraps??" ujar netizen dengan akun @LinaDarrisaw yang merunut lagi kejadian tahun lalu, ketika Marc Jacobs juga dikritik karena menampilkan model dengan rambut gimbal.

Ini memang bukan pertamakalinya Marc Jacobs mendapatkan kritik karena penampilan para modelnya di fashion show. September 2016, Marc Jacobs dikritik dan dituduh tidak menghargai budaya.

Kala itu ia menampilkan para model dengan rambut gimbal warna-warni. Sejumlah netizen menilai seharusnya Marc Jacobs memakai model yang memang memiliki rambut gimbal. Sebab, rambut gimbal merupakan budaya masyarakat Afrika-Amerika. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com