Kamis, 14/09/2017 18:07 WIB

Kisah Inspiratif Ratu Kecantikan Cabut Gelarnya Sendiri Pasca Disuruh Diet

Hestianingsih - wolipop
Kisah Inspiratif Ratu Kecantikan Cabut Gelarnya Sendiri Pasca Disuruh Diet Foto: istimewa
Jakarta - Kebahagiaan meliputi Zoiey Smale saat dirinya dinobatkan sebagai pemenang Miss United Kingdom, 28 Juni 2017 lalu. Wanita 28 tahun ini pun siap mewakili United Kingdom untuk berkompetisi di ajang internasional yang lebih besar lagi.

Zoiey Smale tak pernah menyangka, titel Miss United Kingdom yang telah diraih terpaksa ia batalkan sendiri. Ibu satu anak ini rela melepaskan gelar Miss United Kingdom karena dirinya diharuskan diet ketat untuk turun berat badan sebanyak mungkin.

Beberapa minggu setelah dinobatkan jadi Miss United Kingdom, Zoiey Smale mendapat telepon dari organisasi penyelenggara kontes kecantikan tersebut yang meminta dirinya diet ketat. Diet dilakukan sebagai bagian dari persiapannya menuju kontes kecantikan Miss United Continents di Ecuador.
Kisah Inspiratif Ratu Kecantikan Cabut Gelarnya Sendiri Pasca Disuruh DietFoto: istimewa

Dikutip dari Elite Readers, Zoiey Smale dianggap memiliki tubuh yang gemuk. Ukuran baju Zoey sebenarnya tidak terlalu besar dan terbilang normal, yakni 10.

Zoiey pun menolak mematuhi permintaan sang direktur dan memilih melepaskan mahkota kemenangannya. Menurutnya, itu bukanlah contoh yang baik bagi wanita lainnya.

"Aku kaget lebih dari apapun ketika tahu masih ada kontes kecantikan yang hanya mau menampilkan wanita-wanita berukuran 00 sebagai panutan. Wanita-wanita di kontes kecantikan lebih dari sekadar angka di label pakaian. Ratu yang sebenarnya memberdayakan wanita lainnya, pintar dan membantu komunitas bahu membahu bersama," tulis Zoiey di akun Facebook miliknya, setelah resmi mencabut titelnya sebagai juara.

Zoiey sendiri pernah mengalami gangguan pola makan akut saat masih remaja. Oleh sebab itu ia menolak keras permintaan organisasi Miss United Kingdom untuk membuatnya kembali diet ketat.
Kisah Inspiratif Ratu Kecantikan Cabut Gelarnya Sendiri Pasca Disuruh DietFoto: istimewa

Wanita asal Nottinghamshire ini juga mengungkapkan betapa besarnya pengorbanan para kontestan di kompetisi kecantikan ini. Bahkan Zoiey menyebut adanya perilaku bullying yang kerap mewarnai belakang panggung kontes.

"Biar aku beritahu kalian, ini BUKAN kontes kecantikan. Aku disebut 'gemuk' karena ukuran bajuku 10. Aku sempat percaya kalau aku ini menjijikan. Sedih, kan?" tulisnya lagi.

Postingan Zoiey pun menjadi viral dan sebagian besar netizen mendukungnya. Ia juga dipuji karena berani bicara dan membela para wanita yang tidak termasuk dalam standar tubuh 'ideal' maupun 'cantik'. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177