Rabu, 13/09/2017 09:30 WIB

Cerita Polisi yang Bantu Persalinan Bayinya Sendiri di Parkiran Hotel

Rahmi Anjani - wolipop
Cerita Polisi yang Bantu Persalinan Bayinya Sendiri di Parkiran Hotel Foto: AP
Jakarta - Persalinan mendadak yang dilakukan di tempat umum dan tak biasa memang banyak kejadian. Biasanya persalinan tersebut akan dibantu oleh orang sekitar atau polisi yang sedang bertugas. Seorang polisi di Amerika Serikat pun melakukan hal serupa beberapa waktu lalu. Namun ibu melahirkan yang ditanganinya adalah pasangannya. Artinya, polisi tersebut membantu persalinan bayinya sendiri.

Polisi tersebut bernama James Nachampassack. Ketika itu, James memang sedang bertugas sebagai polisi di kawasan Rockford, Illinois. Di saat yang bersamaan, pasangannya yang bernama Pnenh Tammavong menelepon dan mengatakan akan melahirkan. James pun langsung bergegas pulang ke rumah. Ketika ditemui, ketuban Pnenh sudah pecah dan ia berteriak kesakitan.

"Aku pikir aku akan masuk dan melihat bayi menggantung dengan tali pusar. Untungnya, tidak seperti itu. Dia hanya duduk di meja dan aku berkata, 'Apa kamu baik-baik saja?' Dan aku melihat air di bawah dia dan dia berkata, 'Aku pikir aku akan melahirkan sekarang'," ungkap sang polisi dilansir AP.

James pun kemudian membawa pasangannya tersebut ke rumah sakit. Namun dalam perjalanan ke sana, Pnenh mengatakan sudah tidak kuat lagi. James akhirnya menghentikan mobil dan parkir di sebuah parkiran hotal. Ia lalu menghubungi polisi untuk segera mengirimkan ambulans.

Karena Pnenh mengaku sudah tidak tahan terpaksa James harus membantunya melahirkan bayi mereka di tempat. James untungnya sukses membantu persalinan dengan baik dan bayi mereka lahir sesaat sebelum polisi lain datang.

Takut si anak kedinginan, James terpikir untuk melakukan kontak kulit ke kulit dengan bayinya. Ia kemudian menggendong lalu menaruh bayi baru lahir tesebut di dekat wajahnya. Untungnya, setelah itu ambulans cepat datang lalu bayi dan ibunya diberi penanganan profesional.

Publik yang mendengar cerita ini pun kagum dengan kemampuan James dalam membantu pasangannya melahirkan. Meski berhasil 'membawa anaknya ke dunia', James mengaku tidak pernah dilatih untuk membantu melahirkan bayi. Namun instingnya sebagai polisi membantunya melakukan hal-hal di bawah tekanan.

Bayi yang diberinama Leo itu pun kini dalam keadaan sehat dan lahir dengan berat 3,5 kg. Selamat untuk keduanya! (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com