Selasa, 12/09/2017 19:15 WIB

Tips Merawat Baju Putih agar Warnanya Tidak Berubah Jadi Kekuningan

Hestianingsih - wolipop
Tips Merawat Baju Putih agar Warnanya Tidak Berubah Jadi Kekuningan Foto: Thinkstock
Jakarta - Baju putih menjadi pilihan praktis untuk dipadupadan dengan model maupun warna busana apapun. Tapi jika tidak dirawat dengan baik, baju putih kesayangan bisa berubah warna jadi kekuningan.

Suka mengoleksi baju putih namun banyak yang sudah tak bisa dipakai karena warnanya jadi kuning dan terlihat lusuh? Simak tiga tips ini untuk mencegah baju putih berubah kuning, seperti dikutip dari Who What Wear.

1. Pakai Deodoran Bebas Aluminum
Sering mendapati noda kekuningan di bagian ketiak baju? Munculnya noda kuning biasanya disebabkan oleh reaksi kimia karena pemakaian deodoran.

Menurut International Hyperhidrosis Society and Ruma Organics, bahan aluminum yang banyak terdapat pada produk antiperspirant dan deodoran akan menimbulkan reaksi yang meninggalkan noda kekuningan di kain.

Sebaiknya hindari memakai deodoran mengandung aluminum untuk mencegah baju putih Anda menjadi kuning. Gunakan alternatif deodoran yang tidak bebas aluminum.

2. Langsung Cuci Setelah Dipakai
Salah satu penyebab baju putih jadi kuning karena Anda membiarkan keringat menempel terlalu lama di kain. Anda tidak langsung mandi atau melepas baju setelah dipakai seharian.

Sebaiknya langsung cuci baju putih setelah dipakai jika memungkinkan. Apabila terlalu sibuk, bisa dicuci keesokan hari atau lusa. Tapi jangan biarkan baju terbengkalai berminggu-minggu di keranjang kotor.

3. Hindari Cairan Pemutih
Kontra dengan fungsinya, cairan pemutih justru bisa membuat baju putih jadi kekuningan terlebih lagi bila kainnya terbuat dari bahan polyester.

Cairan pemutih umumnya mengandung zat yang bisa membuat kain makin menipis jika terlalu sering dipakai. Anda bisa mencoba pemutih baju dari bahan alami seperti air lemon. Campurkan lemon ke dalam air mendidih lalu rendam baju selama dua jam. Setelah itu bilas dan jemur sampai kering.

Bila tetap ingin memakai cairan pemutih, sebaiknya Anda jangan menggunakannya terlalu sering atau setiap hari. Gunakan cairan pemutih hanya jika benar-benar ada noda yang sangat pekat dan gunakan hanya di bagian tersebut.
(hst/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com