Selasa, 12/09/2017 12:45 WIB

Viral, Postingan Pria Ungkap Beda Uang Nafkah dan Uang Belanja Untuk Istri

Anggi Mayasari - wolipop
Viral, Postingan Pria Ungkap Beda Uang Nafkah dan Uang Belanja Untuk Istri Foto: Facebook
Jakarta - Banyak orang menganggap bahwa nafkah yang wajib diberikan suami kepada istri adalah uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tapi sebuah tulisan dari pengguna Facebook ini menjadi viral karena menjelaskan bahwa selain memberikan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, seorang suami juga wajib memberikan uang khusus untuk jajan istri atau shopping.

Pria yang bernama Ali Munidi ini mengunggah sebuah tulisan panjang dengan judul 'uang nafkah dan uang belanja itu beda'. Dalam postingan yang telah dibagikan lebih dari 58 ribu pengguna Facebook lainnya itu, Ali menuliskan bahwa masih banyak para istri dan bahkan suami yang belum tahu kalau ternyata uang nafkah itu berbeda dengan uang belanja.

"Jadi, nafkah istri adalah uang yang khusus diberikan oleh suami kepada istrinya untuk digunakan bagi kepentingan pribadi istri atau uang jajan istri (keperluan pribadi). Artinya, uang nafkah merupakan kewajiban suami untuk membahagiakan istrinya. Sedangkan uang belanja merupakan kewajiban suami sebagai kepala rumah tangga sebagaimana fungsinya untuk mencukupi kebutuhan istri dan anak-anaknya agar kehidupan anggota keluargannya menjadi sejahtera dan layak," tulis Ali.
Viral, Postingan Pria Ungkap Beda Uang Nafkah dan Uang Belanja Untuk IstriFoto: Facebook

"Jadi gampangnya nafkah adalah uang jajan (shopping) istri untuk kebutuhan pribadi sang istri seperti membeli pakaian, ke salon, kosmetik dll. Sedangkan uang belanja adalah uang yang di pakai sehari hari untuk makan, memberi jajan anak, bayar listrik, membeli kebutuhan rumah tangga lainya," tambahnya.

Banyak netizen yang setuju atas tulisan Ali tersebut. Tak sedikit dari mereka yang berkomentar untuk meminta izin membagikan tulisan tersebut di laman Facebook mereka. Pria asal Brebes, Jawa Tengah ini juga menambahkan agar para suami bisa menyisihkan uang untuk memberi nafkah dan juga uang belanja untuk istri.

"Untuk para istri, boleh mengingatkan suaminya untuk memenuhi kewajiban nafkah istri, namun lakukan dengan cara yang baik, wajar dan bersyukurlah atas setiap rizki yang diberikan suami. Insha Allah akan membawa berkah dalam kehidupan keluarga. Untuk para suami sudah mulai terbukalah pikiran dalam mengatur mana yang disebut nafkah istri dan mana yang disebut uang belanja. Jika para istri mengetahui dan menanyakan hal ini, bersabarlah dan terus bekerja keras," imbuhnya. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com