Jumat, 08/09/2017 17:44 WIB

Tak Disangka, 10 Jurusan Kuliah Ini Dicari di Seleksi CPNS 2017

Rahmi Anjani - wolipop
Tak Disangka, 10 Jurusan Kuliah Ini Dicari di Seleksi CPNS 2017 Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Seleksi calon Pekerja Negeri Sipil (CPNS) mulai dibuka sejumlah instasi pemerintahan. Awal bulan ini diumumkan bahwa sebanyak 61 lembaga, kementrian, dan pemerintah provinsi tengah mencari 17.928 CPNS untuk berbagai posisi. Sebagian dari Anda mungkin juga tengah mengincarnya namun bingung apakah jurusan kuliah sesuai dengan yang dibutuhkan. Tapi jangan dulu berkecil hati karena sejumlah jurusan kurang populer justru cocok dengan lowongan dalam seleksi CPNS 2017 kali ini.

Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
Jurusan yang berfokus pada penanganan hama dan penyakit pada tanaman ini biasa disingkat IHPT. IHPT mungkin tidak terdengar familiar dan kurang populer dipilih mahasiswa. Namun ilmu yang dipelajari dalam jurusan tersebut bisa sangat berguna di Kementrian Pertanian. Kementrian Pertanian sendiri tengah mencari 475 CPNS di tahun 2017.

Perbandingan Agama
Prodi perbandingan agama juga tidak banyak diketahui orang. Jurusan yang mempelajari agama-agama mendalam secara objektif dan kritis tersebut juga dicari di CPNS 2017. Kementrian Keagamaan yang tahun ini mengincar CPNS sebanyak 1.000 orang tersebut juga membutuhkan orang-orang yang punya ilmu dan pengalaman yang dipelajari dari jurusan ini.

Kriminologi
Orang yang lulus dari jurusan kriminologi tentu tidak harus menjadi polisi atau detektif saja. Apalagi prodi ini mempelajari berbagai ilmu mulai dari sosiologi, psikologi, hingga. Karenanya, Anda yang kuliah di jurusan ini bukan tidak mungkin jadi CPNS dan bisa jadi ditempatkan di Badan Penanggulangan Terorisme yang tengah mencari 60 PNS.

Ilmu Keolahragaan
Jurusan berikut banyak diambil oleh para atlet. Telah mempelajari seluk beluk keolahragaan, pantas saja Anda yang lulus dari sana jika cocok untuk Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Anda yang mengambil jurusan tersebut patut mencoba seleski CPNS 2017 karena Kemenpora tengah mencari 27 orang untuk bergabung bersama mereka.

Ilmu Perpustakaan
Ilmu perpustakaan mempelajari berbagai hal mengenai kepustakaan yang menggabungkan ilmu sosial, hukum hingga terapan. Meski kurang populer, lulusan dari jurusan tersebut bisa menempati berbagai posisi di sejumlah instansi. Dalam seleksi CPNS 2017 kali ini, lulusan Ilmu Perpustakaan dibutuhkan untuk di Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, hingga Kementrian Keuangan RI.

Tata Busana
Jurusan Tata Busana biasanya dilirik mereka yang suka dunia fashion dan pintar menjahit. Anda yang mengambil jurusan ini pun bukan tidak mungkin lolos CPNS 2017 kali ini. Lulusan prodi Tata Busana bisa melamar di Kementrian Perindustrian yang tahun ini mencari 380 CPNS.

Sastra Korea
Sastra Korea memang semakin diminati para mahasiswa belakangan ini. Lulusan Sastra Korea pun bukan hanya bisa jadi pengajar bahasa Negeri Gingseng saja tapi juga PNS. Dalam seleksi CPNS 2017, lulusan Sastra Korea menjadi salah satu yang dicari Badan Intelijen Negara (BIN) untuk posisi analis intelijen dan pengolah data di Subdirektorat Asia Timur dan Pasifik.

Jurusan Seni
Anda orang-orang artistik yang lulusan dari Jurusan Seni? Lowongan yang sedang dibuka Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) patut dicoba. Bekraf yang pekerjaannya berhubungan dengan budaya hingga musik ini bisa jadi ladang tepat untuk Anda. Tahun ini, Bekraf yang sedang mencari 93 CPNS tersebut membutuhkan lulusan jurusan seni untuk analis apresiasi karya seni, analis informasi kebudayaan, dan juga analis kreasi dan produksi musik.

Sastra Daerah
Banyak orang menganggap jika bahasa daerah sudah tidak diperhitungkan di zaman sekarang. Hal tersebut tentu tidak benar karena berbagai universitas bahkan membuka jurusan sastra daerah. Lulusan prodi itu juga dibutuhkan dalam seleksi CPNS 2017. badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengincari Anda yang pintar bahasa daerah untuk jadi peneliti.

Ilmu Sejarah
Jurusan ilmu sejarah tentu bukan hanya menghasilkan guru atau dosen sejarah saja. Ada juga kesempatan untuk menjadi PNS. Tahun ini, Kemenpora dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tengah mencari lulusan Ilmu Sejarah untuk menjadi arsiparis atau kurator. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com