Jumat, 08/09/2017 15:55 WIB

10 Tips Agar Tubuh Kamu Tetap Wangi dari Pagi Sampai Malam

Ria Nathasya - wolipop
10 Tips Agar Tubuh Kamu Tetap Wangi dari Pagi Sampai Malam Foto: Thinkstock
Jakarta - Deodoran dan anti perspirant biasanya menjadi solusi untuk mencegah bau badan. Tapi jika mandi, pakai parfum dan deodoran saja tidak cukup untuk menjaga tubuh tetap wangi sepanjang hari, apa yang mesti dilakukan?

Intip 10 tips agar tubuh tetap wangi sepanjang hari, seperti dikutip dari Refinery 29.

1. Diet Sehat
Seperti pepatah lama, Anda adalah apa yang Anda makan. Apa yang Anda makan dan minum tentu berpengaruh terhadap aroma tubuh. Julia Zangrilli, pendiri perusahaan parfum dan wewangian, mengatakan beberapa makanan ini perlu dihindari atau setidaknya jangan terlalu banyak dikonsumsi jika ingin aroma tubuh tetap segar.

"Diet yang banyak bumbu, bawang bombay, dan bawang putih bagus untuk Anda, tapi, itu (aromanya) bisa keluar melalui pori-pori. Ketiga makanan itu bisa keluar melalui pori-pori kulit dan napas selama lebih dari 48 jam," ujar Julia.

Terlalu banyak makan daging juga bisa membuat bau badan kurang sedap. Anne Sanford dari Lurk, brand wewangian alami, menyarankan untuk memperbanyak makan makanan segar seperti buah, sayuran dan protein tanpa lemak.

2. Menjaga Kulit Tetap Lembap
Kelembapan kulit menjadi salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan bila ingin tubuh tetap beraroma wangi walaupun beraktivitas seharian.

"Saat kulit kita kering, ia cenderung menyerap dan menghilangkan parfum dengan lebih cepat," ujar Sanford.

Menjaga kelembapan kulit tentu secara keseluruhan mulai dari dalam dan luar. Minumlah air mineral yang cukup dan rawatlah kulit dengan lotion atau pelembap agar terhindar dari masalah kulit kering.

3. Pakaian Bersih Dengan Deterjen yang Wangi
Mungkin banyak dari kita sering menganggap bahwa deterjen pencuci pakaian adalah hal sepele dan tidak berpengaruh pada aroma tubuh. Namun perawatan dasar seperti mencuci dengan deterjen yang wangi sangat berdampak besar terhadap aroma tubuh.

4. Semprotkan Wewangian Pada Titik Tubuh yang Tepat
"Wewangin akan terus tercium bila Anda menyemprotkannya pada titik-titik chakra seperti pergelangan kaki, di belakang lutut, area rambut kemaluan, dada, dan di belakang telinga," Ujar Aedes de Venustas pemilik perusahaan perfumery.

5. Wewangian yang Berlapis-Lapis
Wewangian tidak hanya tersedia dalam bentuk parfum,cologne atau eau de toilette tapi hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari lotion, bedak hingga sabun kini tersedia dengan wewangian yang sama. Memakai perawatan dengan aroma yang sama bisa mempertahankan wangi tubuh lebih lama.

6. Mencampur Cologne dan Parfum
Di dalam campuran cologne terdapat bahan khusus yang ketika bereaksi dengan kulit, akan menciptakan aroma sendiri yang lebih personal. Ketika digunakan bersama parfum, efek tersebut akan berlangsung lebih lama. Tapi pastikan parfum dan cologne yang Anda pakai memiliki aroma yang sama agar aromanya tidak menjadi aneh.

7. Semprot Berulang Kali
Parfum berbasis aroma buah seperti citrus akan lebih cepat hilang. Maka jika Anda ingin wewangian yang lebih tahan lama pilihlah aroma yang intens misalnya vanilla, kayu-kayuan, musk, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menyemprotkan atau mengoleskan ulang parfum yang Anda pakai.

"Kulit adalah organ yang hidup, bernapas, berkeringat, menguap dan menyerap minyak, jadi tidak bisa menahan aroma terlalu lama," jelas Julia.

Ia pun menyarankan untuk memakai ulang satu sampai tiga kali sehari, tergantung kualitas dan intensitas parfum.

8. Faktor di Luar Kulit
Percaya atau tidak, lingkungan sekitar dan gaya hidup seseorang dapat berdampak terhadap aroma tubuh kita. Tempat yang wangi dan nyaman dapat membuat Anda tetap memiliki aroma tubuh yang wangi. Seperti misalnya, jika memasak rendang di dapur nantinya aroma tubuh Anda bisa beraroma seperti rendang. Aroma di sekitar kita biasanya paling banyak menempel pada rambut dan pakaian.

Karena banyak parfum mengandung alkohol, menyemprotkannya pada rambut mungkin akan membuat rambut kering. Anda bisa membuat parfum rambut sendiri memakai minyak esensial yang dicampur air. Semprotkan juga wewangian ke ruangan, seprai tempat tidur hingga sofa agar wangi sepanjang hari.

9. Mencari Wewangin yang Pas dengan Sabar
Jika cukup bersabar menemukan wewangian yang pas dengan kepribadian dan kesukaan Anda, maka mood Anda akan positif seharian.

10. Coba Parfum Langsung ke Kulit
Setiap parfum tidak akan beraroma sama pada orang yang berbeda. Oleh karena itu jangan hanya mencium aroma parfum dari botolnya ketika Anda akan membelinya. Semprotkan pada leher, titik nadi dan bagian tubuh lainnya. Bawalah berjalan-jalan untuk mengetahui aroma yang sebenarnya pada tubuh baru tentukan apakah Anda cocok atau tidak dengan produk tersebut, baru membelinya. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com