Rabu, 06/09/2017 07:05 WIB

Kata Peneliti, Wanita dengan Wajah Seperti Ini Lebih Sukses dalam Karier

Rahmi Anjani - wolipop
Kata Peneliti, Wanita dengan Wajah Seperti Ini Lebih Sukses dalam Karier Foto: REUTERS/Brian Snyder
Jakarta - Tanda-tanda orang sukses tak jarang bisa terlihat dari sikap dan kepribadiannya. Namun tahukah Anda jika kesuksesan kadang juga dapat ditebak dari wajah. Hal tersebut diungkap oleh para peneliti Friedrich-Alexander University, Jerman. Dikatakan jika banyak pemimpin wanita di dunia yang punya kesamaan dalam bentuk wajahnya. Tengok saja Hillary Clinton dan Angela Merkel yang sama-sama berwajah lebar.

Menurut para peneliti, bentuk wajah bisa menjadi indikator kesuksesan tersembunyi bagi para wanita. Diungkapkan jika wanita yang berwajah lebar lebih 'haus' akan kekuasan. Karenanya, mereka tak ragu mengejar karier dan posisi tinggi yang membuat mereka lebih sukses dalam karier.

Kata Peneliti, Wanita dengan Wajah Seperti Ini Lebih Sukses dalam KarierFoto: Reuters
Hal tersebut terungkap dari penelitian yang menginvestigasi aktivitas hormonal intens dalam otak dan pertumbuhan tubuh selama pubertas. Kemudian diketahui jika perubahan tertentu bisa membantu membentuk tulang wajah dan area otak terkait motivasi dan sikap. Karenanya, keinginan untuk sukses atau mengejar posisi tinggi dapat mempengaruhi bentuk wajah menjadi lebih lebar.

Dalam penelitian, para peneliti mengukur sejumlah wajah dari segi lebar dan tingginya yang biasa disebut fWHR. Kemudian dihitung pula rasio jarak antara tulang pipi kanan dan kiri ke bibir bagian bawah dan alis. Semakin tinggi rasio artinya semakin lebar dan maskulin wajah orang tersebut.

Kemudian tes diteruskan dengan melakukan penelitian pada fenomena psikologikal mengenai keinginan tersirat pada kekuasaan atau nPower. Lalu didapati jika rasio fWHR yang tinggi atau wajah lebar berhubungan dengan keinginan untuk sukses. Namun itu hanya terjadi pada wanita.

Kata Peneliti, Wanita dengan Wajah Seperti Ini Lebih Sukses dalam KarierFoto: iStock
"Penemuan ini tidak disangka karena fWHR biasanya terkait dengan pria. Hasil (penelitian) kami menunjukkan penyempurnaan otak wanita selama puberstaslah yang mendorong level hormon yang tinggi," ungkap Kevin Janson selaku salah satu peneliti sikap mengenai hal yang membuat wajah melebar pada wanita sukses.

Selain Hillary dan Angela, pemimpin dan wanita sukses lain yang punya wajah lebar antara lain presenter Oprah Winfrey, mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher, penyanyi Kelly Clarkson, hingga Sophie Ellis-Bextor.

Kata Peneliti, Wanita dengan Wajah Seperti Ini Lebih Sukses dalam KarierFoto: Jeff Spicer/Getty Images
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com