Kamis, 31/08/2017 17:31 WIB

5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Menata Ruang Keluarga

Arina Yulistara - wolipop
5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Menata Ruang Keluarga Foto: Thinkstock
Jakarta - Penataan barang di ruang keluarga juga penting diperhatikan karena akan mempengaruhi kenyamanan Anda. Mungkin tanpa sadar Anda melakukan kesalahan ketika menata ruang keluarga. Berikut lima kesalahan umum yang sering dilakukan saat menata ruang keluarga.

1. Warna Monoton
Apa Anda menyukai satu atau dua warna saja? Seperti nuansa monokrom atau hitam-putih di seluruh ruangan. Pilihan warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu memang menjadi palet yang aman. Namun suasana akan tampak monoton dan membosankan karena warna yang sama dari cat dinding hingga furniture-nya.

Apartment Therapy mengatakan bahwa perlu tambahan warna yang bisa membuat suasana di ruang keluarga semakin nyaman. Ingat aturan 80:20. Jadi 80 persen warna netral dan 20 persen warna yang beragam. Anda bisa menambahkan warna tersebut pada benda-benda kecil seperti bantal, lukisan, dan furniture lainnya.

2. Pencahayaan
Agar lebih santai, beberapa orang memilih pencahayaan yang redup untuk ruang keluarga. Namun nyatanya seperti ruang tamu, Anda juga butuh pencahayaan yang terang. Tak menutup kemungkinan, Anda akan membaca koran atau buku di ruang keluarga. Hanya siapkan lampu meja, lampu di atap, dan lampu dengan kaki untuk memastikan Anda mempunyai pencahayaan yang cukup.

3. Jarak Lukisan dari Lantai Terlalu Tinggi
Sama seperti ruang tamu, perlu memperhatikan jarak lukisan dan lantai. Jika terlalu tinggi tentu tak akan ada gunanya lukisan tersebut. Bahkan mungkin bisa membuat mata 'pusing' saat melihatnya. Atur jarak lukisan dan lantai, disarankan sekitar 150 cm.

4. Tambahkan Karpet Kecil
Apa di ruang keluarga hanya ada sofa bed dan kursi malas namun tak ada karpet? Ini menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Karpet perlu digelar untuk membuat ruang keluarga semakin nyaman. Karpet juga membantu mengurangi pemandangan lantai kotor.

5. Ukuran Furniture dengan Ruangan Tak Sesuai
Beberapa orang masih kurang memikirkan ukuran furniture yang ingin dibeli dengan ruangan dalam rumahnya. Bahkan tak sedikit wanita yang membeli furniture hanya berdasarkan nafsu semata. Bila Anda memaksakan furniture yang besar di letakkan dalam ruang keluarga yang sempit maka rumah terlihat kecil. Ini juga bisa membuat Anda atau keluarga merasa tidak nyaman.


(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com