Kamis, 31/08/2017 15:06 WIB

Tips Menata Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang Dibuat Menyatu

Hestianingsih - wolipop
Tips Menata Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang Dibuat Menyatu Foto: Thinkstock
Jakarta - Kini tidak sedikit rumah dengan ruang keluarga dan ruang tamu dibuat menyatu. Keterbatasan lahan di rumah bergaya minimalis memang melahirkan tren bahwa satu ruangan tidak hanya bisa difungsikan untuk satu aktivitas saja.

Ruang tamu, misalnya, bisa difungsikan menjadi ruang keluarga bahkan ruang makan tergantung dari kebutuhan dan keinginan si pemilik rumah. Lalu bagaimana jika Anda kedatangan tamu tapi aktivitas keluarga juga tidak bisa dihentikan di waktu yang sama?

Desainer interior Ardan Hanafi menyarankan untuk menempatkan pembatas agar bisa memberikan ruang personal pada keluarga selagi ada orang yang bertamu. Salah satunya dengan menempatkan tirai penutup rak.

Tirai bisa ditutup ketika tamu datang agar aktivitas anggota keluarga tidak terlalu terlihat. Jika tamu sudah pulang, tirai bisa dibuka kembali untuk memberikan keleluasan yang lebih pada anak-anak atau anggota keluarga lainnya untuk beraktivitas.
Tips Menata Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang MenyatuFoto: Thinkstock

"Lihat juga siapa tamu yang datang. Kalau sama-sama keluarga kenapa nggak main bareng aja?" kata pria yang juga menjadi deputy communications & interior manager IKEA Indonesia ini, saat peluncuran Katalog IKEA 2018 di Toko IKEA Indonesia, Alam Sutera, Tangerang, Rabu (30/8/2017).

Selain tirai, furnitur lain yang bisa dijadikan pembatas ruangan yang saling menyatu adalah rak panjang namun dengan ketinggian yang rendah. Rak model ini bisa menjadi pembatas ruangan tanpa membuat rumah terkesan makin sempit.

Di atas rak bisa Anda tempatkan beberapa hiasan atau pajangan. Misalnya vas bunga, stoples atau beberapa koleksi frame foto.

Agar bisa membedakan mana ruang tamu dan ruang keluarga, sebaiknya pilih tema warna yang berbeda. Misalnya saja untuk ruang tamu diberi nuansa warna lebih formal seperti beige, krem, atau putih. Sementara ruang keluarga pilih tema warna lebih kasual dan ceria, misalnya palet pastel dan diberi aksen motif yang lebih atraktif. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com