Rabu, 30/08/2017 10:09 WIB

Ini Arti Tradisi Ngeuyeuk Seureuh yang Dilakukan Raisa Jelang Nikah

Alissa Safiera - wolipop
Ini Arti Tradisi Ngeuyeuk Seureuh yang Dilakukan Raisa Jelang Nikah Foto: Dok. Bridestory
Jakarta - Menuju hari pernikahan pada Minggu nanti, Raisa disibukkan dengan berbagai prosesi adat jelang pernikahan dengan Hamish Daud, yang salah satunya adalah Ngeuyeuk Seureuh. Bagi beberapa orang, ritual jelang pernikahan ala adat Sunda ini masih terdengar asing, namun sebenarnya memiliki makna mendalam di baliknya. Lalu, apa sebenarnya arti tradisi Ngeuyeuk Seureuh yang dilakukan Raisa dan Hamish Daud jelang pernikahan?

Mengutip dari Bridestory, prosesi yang dijalani Raisa dan Hamish Daud ini merupakan simbol permintaan restu kedua calon mempelai kepada orangtua masing-masing. Lewat proses ini pula, restu, nasihat dan doa yang mengiringi langkah keduanya menuju gerbang pernikahan pun lantas diberikan orangtua lewat berbagai benda-benda yang dihadirkan oleh sang pemandu adat.

Kata Ngeuyeuk Seureuh sendiri berasal dari kata ngaheuyeuk yang artinya mengolah. Ritual ini dipimpin seorang wanita yang kemudian disebut pangeuyeuk.


Mengutip dari berbagai sumber, upacara jelang pernikahan yang dilakukan Raisa dan Hamish Daud ini tidak boleh dihadiri sembarang orang. Biasanya ritual hanya dihadiri kedua calon pengantin beserta keluarga terdekat yang sudah dewasa dan juga orang yang sudah berumur dan dianggap perlu. Mereka yang tak diizinkan hadir dalam upacara ini adalah anak gadis, anak lelaki yang belum akil balig/dewasa juga wanita yang telah berumur namun belum pernah menikah.
Ini Arti Tradisi Ngeuyeuk Seureuh yang Dilakukan Raisa Jelang NikahFoto: Dok. Bridestory/David Salim Photography

Dalam ritual ini, peralatan yang dipakai cukup banyak mulai dari daun sirih, buah pinang, dua ikat padi, sepotong bambu tak beruas, benang tenun, kendi, dan masih banyak lagi. Terlihat dalam upacara tersebut, Raisa dan Hamish juga tampak saling menabur beras sebagai simbol harapan hidup sejahtera, pemberian nasihat, menggotong perangkat pakaian bersama, hingga menumbuk alu ke dalam lumpang serta menyalakan tujuh buah lilin sebagai harapan kejujuran dalam membina rumah tangga.
Ini Arti Tradisi Ngeuyeuk Seureuh yang Dilakukan Raisa Jelang NikahFoto: Dok. Bridestory/David Salim Photography

seperti dilansir oleh laman Salangit, ritual-ritual ini tak lain untuk menggambarkan pandangan hidup orang Sunda yang senantiasa dilandasi tiga sifat utama, silih asih, silih asuh, dan silih asah, atau dalam bahasa berarti saling menjaga, menyayangi dan mengajari. Diharapkan kedua calon pengantin bisa mengamalkannya saat menjalani kehidupan pernikahan kelak.

Untuk Anda yang beradat Sunda, tertarik menggelar tradisi Ngeuyeuk Seureuh seperti Raisa saat jelang pernikahan nanti? (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177