Jumat, 25/08/2017 19:00 WIB

Pakai Sunblcok Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Kiki Oktaviani - wolipop
Pakai Sunblcok Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta? Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Tak sedikit wanita yang tidak cocok menggunakan sunblock. Alasannya karena bikin wajah mereka jadi jerawatan. Tapi apakah benar pakai sunblock bisa menimbulkan jerawat?

Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD menjawab keresahan yang sering dialami wanita tersebut. Faktanya, pakai sunblock kemudian jadi jerawatan hanyalah mitos yang salah.

Kandungan SPF pada sunblock tidak membuat wajah jadi jerawatan. Tapi menurut pakar kulit yang akrab disapa Anti itu, kulit bisa jadi jerawat setelah mungkin faktor zat lain yang terkandung di dalam sunblock tersebut.

"SPF-nya sendiri nggak menimbulkan jerawat. Faktor penyedia lainnya yang bisa menimbulkan jerawat. Untuk itu pilih sunblock sesuai jenis kulit," ujar Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dalam acara Nivea I Love My Body di mal Taman Anggrek, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Dr. Anti mennyarankan pilih sunblock non-komedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori yang bisa memicu jerawat. Pilihan tekstur sunblock juga bisa disesuaikan bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat atau mudah berjerawat.

"Yang punya kulit berminyak dan jerawat pilih sunblock yang gel atau spray," saran Dr. Anti.

Sunblock bertekstur 'light' sangat aman untuk wajah yang berminyak atau berjerawat. Menurut Dr. Anti, saat ini makin banyak sunblock yang dirancang sangat nyaman dan ramah di kulit.

"Banyak sunblock yang transparan dan rasanya kaya nggak pakai sunblock. Banyak produk yang membuatnya seperti itu supaya orang mau pakai sunblock dan aman untuk yang jerawat," kata Dr. Anti.

Pemicu jerawat lainnya bisa juga dari pembersihan wajah. Dr. Anti mengungkapkan, Sunblcok sama seperti kosmetik lainnya yang kalau tidak dibersihkan di malam hari maka pori-pori bisa tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. (kik/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com