Jumat, 25/08/2017 15:43 WIB

Blogger Ini Ungkap Stigma yang Sering Didapat Wanita Gemuk Saat Traveling

Hestianingsih - wolipop
Blogger Ini Ungkap Stigma yang Sering Didapat Wanita Gemuk Saat Traveling Foto: Instagram
Jakarta - Wanita gemuk sering kali mendapatkan stigma saat traveling. Diskriminasi kerap dialami ketika seorang wanita berbadan besar bepergian baik menumpang pesawat ataupun kereta.

Setidaknya begitulah pengalaman yang dialami Annette Richmond, seorang fashion stylist, blogger dan traveler. Tidak sedikit wanita gemuk yang mendapatkan perlakuan diskriminasi bahkan diejek karena bentuk tubuhnya di pesawat, yang membuat mereka enggan berfoto-foto atau selfie saat liburan.

Untuk membantu para wanita bertubuh gemuk seperti dirinya lebih percaya diri dan nyaman saat travelling, Annette membuat sebuah projek bertajuk #FatGirlsTraveling. Projek ini juga bertujuan membuat wanita bertubuh gemuk lebih nyaman dengan kata 'gemuk'.
Blogger Ini Ungkap Stigma yang Sering Didapat Wanita Gemuk Saat TravelingFoto: Instagram

Sebagai pendukung projeknya itu, Annette menciptakan akun Instagram yang khusus menampilkan foto-foto wanita plus-size di berbagai lokasi wisata dunia. Ia juga membuat grup Facebook di mana wanita bisa mendiskusikan kegelisahan mereka tentang bepergian dan bisa mendapatkan ataupun memberikan dukungan juga saran-saran untuk mengatasinya.

"Banyak dari para wanita ini pergi liburan dan yang mereka ambil hanya foto-foto pemandangan karena mereka merasa tidak cukup percaya diri tampil di depan kamera," ujar Annette, seperti dikutip dari Refinery 29.

Menurut Annette, ketidakpercayaan diri itu dipicu oleh sangat jarang, atau masih kurangnya wanita bertubuh gemuk yang dipilih menjadi model di iklan maupun artikel tentang traveling. Tidak adanya representasi wanita gemuk di berbagai platform travelling membuat wanita bertubuh gemuk tidak percaya diri pamer foto liburan yang menampilkan diri mereka.
Blogger Ini Ungkap Stigma yang Sering Didapat Wanita Gemuk Saat TravelingFoto: Instagram

"Aku jarang melihat wanita sepertiku -wanita gemuk- tampil (di profil platform travel besar). Tapi saat bepergian aku melihat banyak wanita gemuk juga travelling," kata Annette.

Ia melanjutkan, "Aku di luar sini traveling dan melihat dunia - Aku tahu kita ada di luar sini. Tapi aku merasa brand atau perusahaan besar tidak (mau) menampilkan wanita-wanita gemuk atau berisi."

Annette berpendapat, jika saja ada representasi wanita bertubuh gemuk yang tampil jadi model iklan atau media promosi lainnya dalam dunia travel, maka sebagian besar wanita plus-size bisa lebih berani 'tampil' di publik.
Blogger Ini Ungkap Stigma yang Sering Didapat Wanita Gemuk Saat TravelingFoto: Instagram

"Lebih banyak wanita seperti kita yang tampil di depan kameran dan mendapat perhatian untuk itu, maka semakin banyak orang merasa nyaman melakukannya," pungkas Annette.

Lalu mengenai stigma wanita gemuk, Annette ingin agar itu tidak dipandang sebagai suatu hal yang negatif. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com