Senin, 21/08/2017 11:45 WIB

Yuk, Kenali Etiket Bersopan Santun di 5 Negara Asia Tenggara

Hestianingsih - wolipop
Yuk, Kenali Etiket Bersopan Santun di 5 Negara Asia Tenggara Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa traveller senang berinteraksi dengan warga lokal saat bepergian ke berbagai negara. Kalau kamu juga ingin bisa membaur dengan warga lokal saat liburan khususnya di negara-negara Asia Tenggara, ada semacam etiket khusus yang perlu diikuti .

1. Singapura
Foto: Thinkstock

Saat makan di food court atau tempat makan umum lainnya, perhatikan apakah ada sekotak tisu di atas meja. Jika ada, sebaiknya tidak menduduki kursi di dekatnya karena berarti seseorang sudah mem-bookingnya meskipun kursi itu masih kosong atau tidak ada papan keterangan reservasi.

2. Thailand
Foto: Thinkstock

Sebaiknya hindari berbincang atau bergosip tentang keluarga kerajaan Thailand di tempat umum. Masyarakat Thailand sangat menyayangi dan menghormati keluarga kerajaan dan memperbincangkannya secara kasual akan dianggap sebagai perilaku tidak sopan.

Di Thailand, semua nama keluarga kerajaan harus disebut dengan sangat sopan. Menghina keluarga kerajaan Thailand bisa berakibat kamu dihukum atas tindakan kriminal.

3. Myanmar
Foto: Thinkstock

Orang Myanmar suka mengunyah daun sirih dan sudah menjadi sesuatu yang umum di sana. Mereka juga terbiasa meludahkan daun sirih di jalan. Jadi sebaiknya jangan marah atau mempermasalahkan ketika melihat orang lokal meludah daun sirih.

4. Vietnam
Foto: Thinkstock

Masyarakat lokal Vietnam cenderung suka bertanya hal-hal pribadi pada orang baru. Mulai dari status perkawinan hingga besaran gaji. Ini merupakan cara mereka untuk beramah tamah dan menunjukkan betapa mereka ingin mengenal kamu. Kalau merasa keberatan menjawab pertanyaan dari mereka, cukup tersenyum untuk menangkisnya.

5. Filipina
Yuk, Kenali Etiket Bersopan Santun di 5 Negara Asia TenggaraRizal Park di Manila, Filipina. Foto: (Masaul/detikTravel)

Ketika bertemu dengan sekelompok warga Filipina, kamu sebaiknya memberikan salam terlebih dahulu pada yang paling tua. Sebab di Filipina, menghargai yang lebih tua sangat diharuskan. Seperti di Indonesia, jabat tangan dan senyum adalah cara yang paling umum untuk menyapa satu sama lain. Sementara pelukan dan kecupan lebih umum dilakukan pada sesama wanita. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com