Kamis, 17/08/2017 16:32 WIB

Adu Gaya Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Berkebaya Minangkabau di HUT RI

Daniel Ngantung - wolipop
Adu Gaya Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Berkebaya Minangkabau di HUT RI Foto: Biro Pers Setpres/Agus Suparto
Jakarta - Ada yang unik pada rangkaian upacara HUT ke-72 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Peserta upacara beserta tamu undangan diwajibkan memakai baju adat Indonesia. Dress-code tersebut juga berlaku tanpa terkecuali bagi presiden dan wakil beserta istrinya.

Pada kesempatan itu, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla tampil kompak dalam balutan kebaya khas Minangkabau lengkap. Kendati begitu, keduanya tampil dengan gaya yang berbeda.

Adu Gaya Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Berkebaya Minangkabau di HUT RIIriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla kompak berbalut kebaya Minangkabau. (Foto: Biro Pers Setpres/Agus Suparto)

Iriana misalnya, memilih kebaya bernuansa merah. Atasan panjang merah berbahan mengilap dipadukannya dengan songket berwarna senada. Tidak ketinggalan hiasan kepala berbentuk Rumah Gadang dan selendang songket yang disampirkan di pundak.

Sementara itu, atasan biru muda menjadi pilihan Mufidah. Ia memadukannya dengan songket berwarna perunggu sebagai bawahan. Tumpukan kalung etnik bernuansa keemasan ikut melengkapi penampilannya. Seperti Iriana, ia juga menyempurnakan gayanya dengan hiasan kepala berbentuk Rumah Gadang.

Jika Iriana dan Mufidah kompak dengan kebaya khas Minangkabau, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memilih baju adat dari daerah yang berbeda. Kalla dengan baju khas Bugis, daerah asalnya, sementara Jokowi berbalut baju adat Kalimantan Selatan.

Penampilan mereka pun mengundang pujian netizen di media sosial. "Presiden Jokowi keren pakai pakaian adat Tanah Bumbu. Ibu Iriana Jokowi anggun pakai pakaian adat Minangkabau. #IndonesiaKerjaBersama," kicau Abi Hasantoso di Twitter. "Ibu Iriana dan Ibu Mufidah kompak pakaian #Minangkabau," tulis Tedy Efwilza.

Momen itu kian istimewa berkat kehadiran seluruh mantan RI I yang masih hidup. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istrinya, Ani Yudhoyono, tampil dengan baju khas Betawi bernuansa kemerahan.

Adu Gaya Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Berkebaya Minangkabau di HUT RIFoto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom


Hadir pula Presiden ke-3 RI BJ Habibie dengan baju adat khas bugis dengan warna yang mencolok. Sementara Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tampak elegan dengan kebaya berwarna lembut.

Sebelumnya busana adat juga menjadi dress-code kepala negara dan jajarannya di Sidang Tahunan MPR kemarin, Rabu (16/8/2017). Yang unik, Jokowi dan Kalla bertukar baju adat. Kalla berbalut pakaian khas Jawa, daerah asal Jokowi. Sementara Jokowi dengan baju adat Bugis.

Adu Gaya Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Berkebaya Minangkabau di HUT RIPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kall di Sidang Tahunan MPR, Rabu (16/8/2017). Foto: Dok. Biro Pers Setpres
(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com