Rabu, 16/08/2017 10:10 WIB

Intimate Interview

Ini Laras Sekar, Satu-satunya Model Indonesia di Paris Fashion Week 2017

Daniel Ngantung - wolipop
Ini Laras Sekar, Satu-satunya Model Indonesia di Paris Fashion Week 2017 Foto: Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Laras Sekar memang dikaruniai paras yang semampai bak seorang model. Namun keberaniannya untuk keluar dari zona nyaman di usia muda yang mengantarnya ke panggung Paris Fashion Week.

Laras menjadi satu-satunya model Indonesia yang berlenggang di catwalk Yves Saint Laurent (YSL) di Paris Fashion Week Fall 2017/2018 Maret lalu. Kala itu usianya bahkan baru 19 tahun.

Sebenarnya, tak pernah terbesit di benak Laras untuk menjadi seorang model. Selepas lulus SMA, wanita kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, ini berencana untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah.

Namun pertemuan dengan seseorang yang mengenalkannya pada dunia modeling mengubah haluan hidup Laras. Dikatakan punya modal untuk menjadi seorang model, wanita berkulit gelap itu pun tertarik untuk mencoba meski harus merantau ke Jakarta seorang diri.

"Aku lahir dan besar di Balikpapan. Tapi aku ingin keluar dari zona nyaman dan merasakan bagaimana hidup di luar, jauh dari keluarga, untuk mencoba hal-hal baru," cerita Laras kepada Wolipop belum lama ini.
Ini Laras Sekar, Satu-satunya Model Indonesia di Paris Fashion Week 2017Foto: Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Ia pun mengutarakan keinginannya itu kepada kedua orangtuanya. Gayung bersambut, restu didapat Laras. "Awalnya ibu agak berat melepasku karena aku putri terbontot dari empat saudara. Tapi akhirnya, beliau mengijinkanku juga," kenang Laras.

Wanita yang memiliki tinggi tubuh 171 cm itu pun hijrah ke ibukota. Diakui Laras, hidup mandiri tanpa keluarga dan kerabat dekat di Jakarta bukanlah hal yang mudah. Namun, semangat dan optimisme yang memungkinkannya bertahan.

Saksikan video wawancara Laras Sekar di 20detik:



Dari satu casting ke casting dijalaninya. Sempat berpindah-pindah agensi model, ia akhirnya bernaung tetap di bawah Native Models.

Sampai akhirnya Ford Models, sebuah agensi model ternama internasional, tertarik untuk memboyongnya ke panggung mode internasional.

A post shared by Laras Sekar (@larasekar) on Mar 21, 2017 at 7:34am PDT




Diungkapkan Laras, agensi yang pernah menaungi model legendaris Chanel Iman dan Elle Macpherson itu ternyata menemukannya berkat foto-foto portofolio dan polaroid yang rajin dia update di Instagram.


Pada November 2016, Laras untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Paris, Prancis. "Aku sama sekali belum pernah ke luar negeri. Dan itu pertama kalinya. Sendiri pula. Bisa dibayangkan bagaimana situasinya," ungkap Laras.

Namun pengalamannya tinggal sendiri di Jakarta membuatnya cepat beradaptasi dengan ritme kehidupan di kota yang dijuluki sebagai satu dari empat kota pusat mode dunia itu.

Setelah melalui pemotretan portofolio dan casting di Paris, Laras pulang ke Tanah Air. Singkat cerita, ia diminta kembali ke Paris untuk mengikuti audisi fashion show YSL di Paris Fashion Week.

Lolos audisi, Laras diminta untuk melakukan fitting pakaian rancangan direktur kreatif YSL Anthony Vaccarello itu. Setelahnya baru mengikuti geladibersih di catwalk. Tidak ada kendala berarti yang menghambat proses tersebut. Kendati begitu, ia belum mendapatkan kepastian untuk tampil di perhalatan mode terakbar itu.

"Aku baru di-confirmed lagi beberapa jam sebelum fashion show. I was so excited yet nervous," kenang wanita yang bercita-cita menjadi guru itu.
Ini Laras Sekar, Satu-satunya Model Indonesia di Paris Fashion Week 2017Foto: Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Laras tak pernah menyangka dirinya bisa terpilih dari sekian banyak model untuk berjalan di catwalk rumah mode sekelas YSL. Ia pun sangat bersyukur atas kesempatan tersebut.

"Senang sudah pasti karena itu fashion show pertamaku, untuk merek ternama pula. Apalagi aku bisa menjadi satu-satunya wakil Indonesia," kata wanita berdarah Jawa itu.

Di panggung YSL, Laras bersandingan dengan sejumlah mode ternama, salah satunya Vittoria Ceretti. Ia tampil memesona membawakan dua look yang terdiri dari little black dress dengan neckline asimetris yang seksi, serta busana transparan berpotongan edgy.

Prestasi lain juga diukir Laras saat berada di Paris. Ia menjadi salah satu model yang muncul di iklan lipstik L'Oreal bersama model papan atas Lara Stone.

Laras menganggap penampilannya di Paris sebagai bonus. Namun diyakininya pula, semua itu mustahil terjadi bila ia tidak memberanikan diri untuk hidup independen dan jauh dari keluarganya.

"Hampir setahun aku tidak ketemu keluarga saking fokusnya di dunia modeling. Tapi aku beruntung punya keluarga yang sangat suportif. Tanpa dukungan mereka juga, aku pasti tidak bisa sampai ke Paris," kata Laras dengan nada haru. (dng/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com