Jumat, 11/08/2017 19:45 WIB

10 Cara Menenangkan Hati Setelah Putus Cinta

Ria Nathasya - wolipop
10 Cara Menenangkan Hati Setelah Putus Cinta Foto: Thinkstock
Jakarta - Rasa sakit hati setelah putus cinta wajar dirasakan. Namun jika dibiarkan berkepanjangan bisa berbahaya bagi kesehatan, baik secara batin maupun fisik. Jangan biarkan putus cinta membuat kamu sakit hati terlalu lama. Ikuti 10 cara ampuh menenangkan hati setelah putus cinta.

1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri
Cara menenangkan hati setelah putus cinta adalah berhenti menyalahkan diri. Menyalahkan diri sendiri hanya akan membuat Anda tertekan dan tidak akan menyeselesaikan masalah. Jadikanlah pergumulan Anda menjadi pelajaran dan bersyukurlah, karena akan membentuk diri menjadi pribadi lebih baik.

2. Belajar Memaafkan dan Ikhlas
Menyimpan dendam setelah putus cinta tidak akan menenangkan hati dan membantu Anda menjalani hidup yang nyaman. Memaafkan mantan kekasih dan mengikhlaskan hubungan yang telah berakhir tidak akan membuat Anda terlihat lemah. Tapi membentuk pribadi yang lebih dewasa.

3. Berhenti Melihat Foto Saat Masih Bersama
Bila terus membaca pesan teks sewaktu kalian bersama dan melihat foto kenangan, kapan bisa move on dan menenangkan hati setelah putus cinta? Beranilah ambil langkah dan hapus pesan-pesan dari mantan, berhentilah melihat foto kenangan Anda dengan dia. Singkirkan bayangan tentang kenangan masa lalu karena memang sudah tidak ada artinya.

4. Singkirkan Barang-barang Pemberian Mantan
Bila pemberian dari mantan kekasih hanya akan membuat Anda mengingat kenangan tentang dia, maka singkirkan dari penglihatan untuk waktu yang lama untuk menenangkan hati setelah putus cinta. Akan lebih baik dibuang bila memang Anda benar-benar sudah bulat tidak ingin memikirkannya.

5. Blokir Semua kontak Dengannya
Mungkin terkesan kekanak-kanakan tapi ini lebih baik ketimbang Anda jadi selalu tergoda untuk stalking profilnya di social media untuk mengetahui kabarnya. Sebaiknya blokir semua akun sosial media si dia sementara waktu sampai pikiran tenang. Maka hati pun bisa tenang setelah putus cinta.

6. Lakukan Aktivitas Positif
Cara lain menenangkan hati setelah putus cinta adalah melakukan hal-hal positif. Secara otomatis, akan memberikan pikiran positif juga bagi diri Anda. Setelah putus cinta mulailah melakukan kegiatan seperti olahraga, belanja, belajar alat musik dan sebagainya. Selain berdampak positif, melakukan kegiatan baru juga akan membuat Anda memiliki teman dan ruang lingkup baru.

7. Jauhi Lagu-lagu Melankolis
Musik bisa mengatur mood seseorang. Maka agar bisa menenangkan hati setelah putus cinta, lebih baik Anda menghindari lagu dengan irama dan lirik yang sedih. Selain akan membuat teringat-ingat soal mantan, mendengarkan musik sedih akan berpengaruh terhadap aktivitas keseharian. Seperti tidak bersemangat menjalankan aktivitas dan ingin sendirian.

8. Habiskan Waktu Bersama sahabat
Luangkanlah waktu untuk bertemu teman dan sahabat. Ciptakan dan rasakanlah suasana kebersamaan yang cepat atau lambat membuat Anda melupakan kesedihan. Anda juga perlu bercerita kepada orang yang dipercaya tentang perasaan galau selepas putus cinta. Mereka akan mendengarkan dan memberi masukan untuk menenangkan hati Anda setelah putus cinta.

9. Buka Hati
Cara paling ampuh menenangkan hati setelah putus cinta adalah jatuh cinta lagi. Bukan pelarian, namun Anda juga harus move on dari kehidupan yang dahulu. Mulailah perbanyak teman dan bukalah hati Anda untuk orang baru. Jangan membatasi diri pada kemungkinan-kemungkinan memiliki hubungan baru.

10. Jangan Lupa Bersyukur
Mungkin sulit untuk bersyukur di tengah rasa galau yang mendalam setelah putus cinta. Tapi dengan mengingat apa yang sudah kita miliki dan pencapaian saat ini, bisa membuat Anda sedikit menenangkan hati setelah putus cinta. Anda mungkin bisa juga mensyukuri kesendirian. Kini, Anda bisa mencoba online dating atau bisa lebih bebas berkumpul dengan sahabat-sahabat jika dulu Anda kerap dikekang mantan kekasih. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com