Jumat, 11/08/2017 14:03 WIB

Kisah Horor Wanita yang Hampir Buta Gara-gara Pencet Jerawat

Rahmi Anjani - wolipop
Kisah Horor Wanita yang Hampir Buta Gara-gara Pencet Jerawat Foto: Twitter Katie Wriight
Jakarta - Anda pasti sudah sering mendengar saran untuk tidak memencet jerawat. Tapi mungkin karena gemas atau merasa jerawat sudah 'matang', Anda jadi tergoda untuk mencoba mengeluarkannya secara paksa. Namun sebaiknya hal tersebut jangan terlalu sering dilakukan. Selain bisa menyebabkan bekas yang berlubang, ada risiko Anda mengalami efek samping yang lebih fatal. Seperti kisah horor wanita ini yang hampir buta karena pencet jerawat.

Memencet atau mengeluarkan jerawat sebenarnya tindakan yang cukup umum dilakukan oleh para dokter kulit sekalipun. Namun tentu dengan penanganan yang steril dan profesional. Jika tidak Anda bisa saja mengalami kejadian seperti wanita bernama Katie Wright ini. Melihat jerawat yang membesar, ia pun mencoba memencetnya. Tapi sayangnya, efek dari tindakan itu kurang menyenangkan.

Kisah Horor Wanita yang Hampir Buta Gara-gara Pencet JerawatFoto: Twitter Katie Wriight
"Seminggu lalu, aku memutuskan memencet sesuatu yang aku pikir jerawat besar di bawah kulit karena itu sudah terasa sakit belakangan ini dan menjadi sangat sakit untuk aku biarkan. Dalam satu jam, wajahku langsung membengkak dan sangat sakit. Rasanya seperti ada sesuatu yang meledak dari kulitku," ungkapnya di akun Twitter.

Ternyata benjolan di wajah yang dipencet Katie bukanlah jerawat. Benjolan tersebut adalah infeksi cukup serius yang disebabkan karena pemakaian makeup. Dikatakan jika Katie terinfeksi karena pakai brush pensil alis yang kotor.

"Aku dilarikan ke ruang emergensi dan mereka (paramedis) mengatakan itu kasus Cellulitis yang cukup serius, yang mana versi lain infeksi Staph, tapi tidak seperti Staph, itu berakibat pada jaringan seluler dalam tanpa sumber utama untuk diserang," tutur Katie. "Karena itu ada di wajahku, ada risiko besar itu menyebar ke otak atau mataku kemudian menyebabkanku buta. Ini sangat serius," tambahnya.

Kisah Horor Wanita yang Hampir Buta Gara-gara Pencet JerawatFoto: Twitter Katie Wriight
Infeksi tersebut pun ternyata memang timbul di daerah 'triangle of death' yang berisiko. Zona segitiga sekitar mulut hingga tengah alis tersebut memang berbahaya jika terkena infeksi. Untuk itu, ingatlah agar jangan sembarang pencet jerawat di area tersebut.

"Jika inflamasi dari jerawat menyebar, ada potensi kebutaan atau stroke. Kini dengan antibiotik, kita tidak akan membiarkan infeksinya sampai ke tahap itu. Yang pasti, jika jerawat membesar dan jadi masalah, kamu harus segera bertemu dermatologis atau dokter. Dan infeksi-infeksi ini mudah untuk disembuhkan dengan antibiotik," kata Dokter Sandra Lee yang dikenal sebagai Dr. Pimple Popper. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com