Jumat, 11/08/2017 12:20 WIB

Ini Sebabnya Bisa Ada Stereotip Cewek Pintar Susah Dapat Jodoh

Anggi Mayasari - wolipop
Ini Sebabnya Bisa Ada Stereotip Cewek Pintar Susah Dapat Jodoh Foto: Thinkstock
Jakarta - Wanita karier dan juga memiliki pendidikan tinggi sering kali memiliki kesibukan tersendiri yang membuat dirinya kesulitan untuk mendapatkan pasangan. Hal inilah yang kemudian adanya stereotip beranggapan jika wanita karier akan menjadi 'perawan tua' karena tak kunjung menikah. Lantas bagaimana pandangan psikolog tentang stereotip ini?

Menurut psikolog klinis Ayoe Sutomo di zaman yang semakin maju ini sebenarnya banyak orang yang memiliki kehidupan seimbang. Tak sedikit wanita yang memiliki karier bagus tetapi punya keluarga yang baik juga. Hanya saja, Ayoe juga menambahkan jika wanita dengan pendidikan tinggi dan menjalani karier yang cemerlang terkadang sulit untuk menemukan pasangan hidup.

"Perempuan yang sampai ke posisi yang baik dan mapan tentunya dia akan meningkatkan standarnya terhadap pasangannya. Sehingga akhirnya standarnya akan semakin tinggi, emosipun menjadi semakin matang, sehingga pandangan-pandangan hidup itu tidak berhenti oh saya harus nikah, dijodohin yang penting dapat jodoh," kata Ayoe saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/8/2017).

Banyaknya pandangan dan penilaian yang memukul rata semua wanita karier dengan pendidikan tinggi akan menjadi perawan tua ini bagi sebagian wanita bukanlah menjadi suatu beban. Banyak dari mereka yang justru merasa lebih bahagia dengan kehidupan yang dijalaninya daripada harus menikah.

"Karena dia punya pandangan yang lebih luas terus lingkup pergaulannya semakin luas dan besar akhirnya fokus hidup tidak hanya pada hal tersebut, banyak hal lain yang kemudian mengesankan menikah daripada jadi perawan tua. Tapi apakah dia bahagia atau tidak bahagia dengan pilihan itu kan belum tentu juga. Banyak yang index of happinessnya lebih tinggi daripada yang menikah," jelas Ayoe.

Psikolog yang juga presenter televisi ini juga mengungkapkan bahwa pandangan dan stereotip wanita karier dengan pendidikan tinggi selalu menjadi perawan tua, nantinya juga akan ditinggalkan dan bergeser sendiri sesuai dengan perkembangan zaman dan pola pikir orang yang lebih maju.

"Kalau untuk menghilangkan stereotipe itu kan biasanya karena banyak hal terjadi banyak orang beranggapan semuanya seperti itu memukul rata seperti itu, kalau untuk menghilangkan stereotipe ya pergeseran zaman lama-lama akan tenggelam dengan banyaknya fakta-fakta, semakin majunya pemikiran kemudian semakin banyaknya akses informasi yang mengcover hal tersebut akhirnya stereotipe itu akan bergeser," pungkasnya. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com