Jumat, 11/08/2017 10:31 WIB

Viral Meme Para Pria Takut Wanita Berpendidikan Tinggi, Ini Kata Psikolog

Anggi Mayasari - wolipop
Viral Meme Para Pria Takut Wanita Berpendidikan Tinggi, Ini Kata Psikolog Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada anggapan bahwa pria tidak menyukai wanita yang berpendidikan tinggi. Hal itupun didukung dengen meme yang beredar di internet dimana wanita yang berpendidikan tinggi membuat pria lari menjauhinya. Namun benarkah pria tak menyukai wanita yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi?

Menurut psikolog Ayoe Sutomo tak semua pria beranggapan bahwa mereka tidak merasa tertarik dengan wanita yang berpendidikan tinggi. Pria yang merasa seperti itu adalah seorang pria yang tidak memiliki rasa kepercayaan diri dan konsep diri yang baik. Sehingga pria yang bermasalah terhadap kenyamanan dirinya sangat mungkin merasa bermasalah apabila pasangannya itu memiliki pendidikan yang lebih tinggi dari dirinya.

"Betul memang ego laki-laki sangat tinggi sehingga membutuhkan pengakuan, membutuhkan perasaan lebih hebat dari perempuannya. Ada aspek laki-laki memiliki kebutuhan untuk dikagumi yang lebih besar dibandingkan perempuan. Terus diakui itu lebih dominan pada laki-laki sehingga hal tersebut ya mungkin-mungkin saja walaupun tidak semuanya," ungkap Ayoe saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/8/2017)

Praktisi psikologis di Klinik Citra Ardhita Medifarma ini juga mengungkapkan bahwa pria yang memiliki konsep diri yang baik, aman dan nyaman serta percaya pada dirinya tidak akan merasa bahwa mendapatkan wanita yang punya pendidikan lebih tinggi itu menjadi masalah untuk dirinya.

Viral Meme Para Pria Takut Wanita Berpendidikan Tinggi, Ini Kata PsikologFoto: Dok. Facebook


"Bagi laki-laki yang memiliki konsep diri sangat positif, dia memandang dirinya sebagai pribadi positif. Banyak kok perempuan dan laki-laki bisa berdampingan meski sama-sama berpendidikan tinggi yang lakinya Ph.D perempuannya juga udah Ph.D, atau bahkan ada juga yang lakinya hanya S1 dan kemudian perempuannya S2 hubungannya bisa berjalan dengan baik," ujar Ayoe.

Mengingat ego dan sifat yang dimiliki pria untuk dikagumi oleh pasangannya ini, wanita berpendidikan lebih tinggi dari pasangannya harus memiliki trik-trik tertentu untuk membuat hubungannya bisa berjalan dengan baik. Ayoe juga mengungkapkan hal itu bisa dilakukan dengan membuat prianya tak merasa minder dan wanitanya juga harus pandai-pandai menempatkan diri.

"Permasalahannya itu nggak ada kaitan dengan pendidikan tinggi perempuannya yang kemudian merendahkan pria yang dibawah dari dirinya. banyak juga kasus yang pendidikannya sama atau si perempuan pendidikannya di bawah tetapi memiliki ketidak mampuan atau tidak tahu menghargai pasangan dengan tepat itu banyak," terangnya.

Menurut Ayoe tak melulu pendidikan tinggi lantas tak menghargai pasangan. Karena ada beberapa faktor penentu lain seperti lingkungan sekitar dan karakteristik pribadi yang menyebabkan hubungan antara pria dan wanita tidak berjalan dengan baik.

"Banyak saya bertemu perempuannya itu pendidikan S3 dan laki-lakinya S2 mereka berjalan dengan baik, perempuannya mampu membuat laki-laki ini tetap percaya diri, merasa berharga. Itu lebih kepada karakteristik pribadi dan bagaimana perempuan ini memandang suatu konsep pernikahan," imbuh Ayoe.


(agm/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com