Jumat, 11/08/2017 07:01 WIB

5 Cara Unik Miliuner Elon Musk Cari Uang Sebelum Jadi CEO Terkenal

Rahmi Anjani - wolipop
5 Cara Unik Miliuner Elon Musk Cari Uang Sebelum Jadi CEO Terkenal Foto: istimewa
Jakarta - Beberapa waktu ini, pengusaha Elon Musk tengah ramai diperbincangkan karena baru putus dari aktris Amber Heard. Namun jauh sebelum pacaran dengan Amber, pria 46 tahun itu sudah sering dibicarakan karena prestasinya mengembangkan bisnis. Kini, ia adalah pemiliki Tesla Motors dan SpaceX yang dikatakan mengubah industri trasnportasi. Namun dulu Elon pernah melakukan sejumlah pekerjaan dan cara unik untuk mendapatkan uang. Ini mungkin bisa menginspirasi Anda bahwa sukses dimulai dari bawah.

1. Menjual Video Game di Usia 12
Jiwa berbisnis Elon Musk ternyata sudah muncul di usia 12. Dilansir Time, insinyur lulusan Stanford University tersebut mempelajari program komputer sendiri sejak usia sembilan tahun. Ia pun sudah bisa membuat game lalu menjualnya di usia 12 tahun. Game sederhana itu berhasil dijualnya dengan harga $500 atau sekitar Rp 6,6 jutaan.

2. Jadi Tukang Bersih-bersih
Sebelum jadi miliuner, Elon Musk bahkan pernah menjalani sejumlah pekerjaan aneh di Kanada. Kala itu, ayah enam anak ini sering bekerja kasar. Ia pernah membersihkan sampah gandum di perternakan, memotong kayu, hingga jadi tukang bersih-bersih di pabrik kayu. Hal tersebut dilakukan setelah meninggalkan Afrika Selatan, negara kelahirannya, di tahun 1988.

3. Ajak Bos Makan Siang
Saat Anda benar-benar butuh uang atau pekerjaan, jangan hanya diam. Tak ada salahnya untuk 'jemput bola' terlebih dahulu dengan menawarkan jasa atau ide pada orang-orang yang tepat. Hal itu juga pernah dilakukan Elon Musk.

Setelah bertemu kakaknya di Kanada, keduanya punya ide untuk menghubungi sejumlah orang bisnis untuk makan siang dan berbincang. Untungnya ada satu eksekutif bank yang mau menemui mereka. Elon dan si kakak pun berhasil membuat Peter Nicholson menjadi mentor mereka yang kemudian menawari kerja magang untuk Bank of Nova dengan bayaran $14 (Rp 186 ribuan) per jam.

4. Jual Komponen Komputer
Untuk menghasilkan lebih banyak uang, Elon bahkan pernah menjual hardware komputer dan komputer milik kamar asmaranya. Ia lalu menggunakan kemampuannya dengan komputer untuk membantu mahasiswa lain. Elon bisa buat game dengan banyak tipuan hingga bersihkan virus. "Jika komputer mereka tidak boot secara baik atau ada virus, aku akan membetulkannya. Aku bisa membenarkan hampir apa saja," ungkap pria yang menjadi inspirasi sosok Tony Stark di film Iron Man itu.

5. Sewakan Rumah untuk Jadi Klab
Berbagai cara unik pernah dilakukan Elon untuk mendapatkan uang lebih. Ketika menjadi mahasiswa di University of Pennsylvania di tahun 1992, ia sempat kekurangan uang untuk bayar sewa tempat tinggal. Akhirnya rumah yang disewanya bersama seorang teman pun dimanfaatkan. Di akhir pekan, rumah 10 kamar tersebut disewakan untuk menjadi sebuah klab malam. Elon bahkan pernah memperkerjaan ibunya sendiri untuk sebuah pesta besar.

(ami/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com